LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) LOKASI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Wining Dyah Woro Lestari, Wining Dyah Woro Lestari (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) LOKASI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
WINING DYAH WORO LESTARI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu program dari Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2017/2018 Program studi Pendidikan Seni Kriya yang berlokasi di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Praktik Lapangan Terbimbing bertujuan untuk memberi pengalaman kepada mahasiswa dalam menguasai kemampua keguruan atau keahlian lainnya sehingga dapat membangun tugas dan tanggung jawab secara profesional. Di sinilah mahasiswa dituntut untuk dapat berinteraksi dengan berbagai pihak untuk menjadikan Proses Belajar Mengajar yang dilaksanakan berjalan dengan baik. Praktik Lapangan Terbimbing adalah makna pembentukan calon guru atau tenaga kerja kependidikan yang profesional. Berhubungan dengan hal tersebut, maka praktikan memiliki program PLT untuk menuju ke arah tersebut, salah satunya ialah praktik mengajar. Hal tersebut bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu yang dimiliki ke dalam praktik keguruan. Selama kurang lebih dua bulan, sejak tanggal 15 September 2017 sampai dengan tanggal 15 November 2017, mahasiswa jurusan kependidikan berkesempatan untuk melaksanakan kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMP Negeri 15 Yogykarta. Pada kesempatan ini mahasiswa mengajar mata pelajaran Prakarya, dengan kelas yang diampu sebanyak lima kelas yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, dan VIII E, dengan jadwal mengajar hari Selasa jam ke 3-4, Rabu jam ke 8-9, Kamis jam ke 6-7 dan 8-9, serta Jumat jam ke 3-4. Pada tahap awal, mahasiswa melakukan konsultasi dengan guru pembimbing mengenai proses belajar mengajar. Kemudian, mahasiswa melakukan praktik pengajaran dengan didampingi guru pembimbing sebanyak 4 kali, dan praktik mengajar secara mandiri sebanyak 4 kali. Persiapan yang dilakukan sebelum kegiatan belajar mengajar antara lain membuat RPP dan media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pembelajaran antara lain ceramah, diskusi, tanya jawab, serta permodelan. Dari hasil pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMP Negeri 15 Yogyakarta, mahasiswa mengetahui dan dapat membuat administrasi guru dalam mengajar antara lain membuat RPP, daftar hadir peserta didik, dan lembar penilaian. Selain tugas guru tersebut juga terdapat pengalaman di luar kelas, yaitu sebagai guru piket lobby dan piket perpustakaan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, mengajar, SMP Negeri 15 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Sep 2018 02:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59483

Actions (login required)

View Item View Item