LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) LOKASI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Risna Rofiqotul Laili, Risna Rofiqotul Laili (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) LOKASI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RISNA ROFIQOTUL LAILI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaa Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu program dari Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada tahun akademik 2017/2018 Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial yang berlokasi di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Praktik Lapangan Terbimbing bertujuan untuk memberi pengalaman kepada mahasiswa dalam menguasai kemampuan keguruan atau keahlian lainnya sehingga dapat membangun tugas dan tanggung jawab secara profesional. Di sinilah mahasiswa dituntut untuk dapat berinteraksi dengan berbagai pihak untuk menjadikan PBM yang dilaksanakan berjalan dengan baik. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah makna pembentukan calon guru atau tenaga kerja kependidikan yang profesional. Berhubungan dengan hal tersebut maka, praktikan memiliki program PLT untuk menuju ke arah tersebut diantaranya praktik mengajar. Hal ini bertujuan untuk mengimplementasikan ilmu yang dimiliki ke dalam Praktik keguruan. Selama kurang lebih 2 bulan lamanya, sejak tanggal 15 september 2017 sampai tanggal 15 November 2017, mahasiswa jurusan kependidikan berkesempatan untuk melaksanakan kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Pada kesempatan ini mahasiswa mengajar mata pelajaran IPS. Kelas yang ampuh yaitu kelas VIII B dan kelas VIII I dengan jadwal mengajar pada hari , Selasa jam ke 1-2 dan 7-8, kamis jam 6-7 dan Jumat jam 6-7 . Pada tahap pertama mahasiswa melakukan konsultasi dengan guru pembimbing mengenai proses belajar mengajar. Kemudian, mahasiswa melakukan praktik pengajaran dengan di dampingi guru pembimbing. Persiapan yang dilakukan sebelum kegiatan belajar mengajar antara lain membuat RPP dan media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pembelajaran antara lain make a match, diskusi, TSTS, Talking Stick, dan mind maping. Dari hasil pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMP Negeri 15 Yogyakarta mahasiswa mengetahui dan dapat membuat administrasi guru dalam mengajar antara lain RPP, daftar hadir siswa, dan lembar penilaian. Selain guru di luar kelas diantaranya sebagai guru piket loby dan piket perpustakaan

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, mengajar, SMP Negeri 15 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Sep 2018 02:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59482

Actions (login required)

View Item View Item