LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) LOKASI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Prasetyo Gunawan, Prasetyo Gunawan (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) LOKASI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PRASETYO GUNAWAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu program dari Universitas Negeri Yogyakarta yang pada tahun ini dilaksanakan di semester genap tahun akademik 2017/2018. Melalui Praktik Lapangan Terbimbing inilah mahasiswa dapat mempraktikkan ilmunya sekaligus belajar secara langsung dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan evaluasi pembelajaran. Sebagai seorang guru tentunya harus memiliki 4 kompetensi guru yaitu kompetesi pedagogi, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kompetensi professional. Diharapkan dengan adanya Praktik Lapangan Terbimbing mahasiswa belajar menguasai 4 kompetensi tersebut. Praktik Lapangan Terbimbing dilakukan selama 2 bulan mulai dari tanggal 15 September 2017 sampai 15 November 2017 bertempat di SMP N 15 Yogyakarta. Pada Praktik Lapangan Terbimbing mahasiswa melakukan praktik mengajar mata pelajaran seni budaya khususnya seni musik. Kelas yang diampu sebanyak 4 kelas yaitu kelas IX E, IX F, IX G, dan IX H. Dengan jadwal mengajar pada hari Selasa jam ke 4-6, Rabu jam ke 7-9, Kamis jam ke 7-9, dan Jumat jam ke 5-7. Di awal pelaksanaan PLT mahasiswa melakukan koordinasi dengan guru pamong mengenai proses perencanaan yaitu membuat RPP, media pembelajaran, strategi dan metode yang harus digunakan didalam melaksanakan proses pembelajaran. Pada saat pelaksanaan praktik mengajar mahasiswa didampingi oleh guru pamong sehingga setiap proses pembelajaran selesai guru pamong selalu memberikan masukan-masukan terkait dengan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Dari hasil Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMP N 15 Yogyakarta mahasiswa belajar banyak hal. Dimulai dari proses perencanaan yaitu membuat silabus, RPP, dan media pembelajaran. Kemudian proses pembelajaran yaitu terkait dengan strategi, metode, dan pengelolaan kelas saat mengajar. Sampai dengan proses yang terakhir yaitu evaluasi pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: , Proses Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Sep 2018 02:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59477

Actions (login required)

View Item View Item