LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) LOKASI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Luthfina Lailatul Mahmudah, Luthfina Lailatul Mahmudah (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) LOKASI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LUTHFINA LAILATUL MAHMUDAH.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah kegiatan untuk mahasiswa meningkatkan pengalaman dan keterampilan secara langsung di sekolah yang bertujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon pendidik yang profesional dengan berbagai kompetensi yang harus dimilikinya. Program Praktik Mengajar Terbimbing dilaksanakan untuk menambah wawasan mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Program Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini dilaksanakan mulai tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017 di SMP Negeri 15 Yogyakarta yang terletak di Jalan Tegal Lempuyangan 61 Bausasran, Danurejan, Yogyakarta. Mahasiswa praktikan memperoleh tugas untuk mempersiapkan praktik mengajar di dalam kelas yang telah disesuaikan dengan Standar Kompetensi yang diampu oleh guru pembimbing masing-masing. Guru pembimbing memberi kesempatan dan kebebasan kepada mahasiswa praktikan dalam mengelola kelas yang diampunya. Program Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dimulai dengan kegiatan perencanaan yang meliputi konsultasi dengan guru pembimbing maupun DPL PLT, penyusunan silabus, persiapan materi, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), penyusunan materi pembelajaran, penyusunan soal-soal ulangan, persiapan metode dan media pembelajaran sampai dengan pelaksanaan praktik mengajar di kelas. Kegiatan praktik mengajar di kelas telah dilakukan 3 kali tatap muka per minggu selama 7 minggu dengan 8 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Mahasiswa praktikan mengampu 2 kelas yaitu kelas VII A dan VII B dengan materi teks prosedur dan teks laporan hasil observasi Selain itu, praktikan mendapat tugas dari guru untuk membuat administrasi guru, analisis butir soal, analisis ulangan harian dan lainnya. Pelaksanaan kegiatan PLT di SMP Negeri 15 Yogyakarta dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari peran guru pembimbing dalam membimbing mahasiswa praktikan selama melaksanakan PLT, dan peran siswa selama kegiatan belajar mengajar (KBM). Adanya kegiatan PLT, mahasiswa praktikan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pengajaran praktik yang telah diperoleh selama di sekolah, khususnya pengalaman mengajar di kelas teori dan praktik sehingga dapat berguna di masa depan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMP Negeri 15 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Sep 2018 01:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59475

Actions (login required)

View Item View Item