PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) LOKASI: SMP N 15 YOGYAKARTA

Ednanda Brian Purnama, Ednanda Brian Purnama (2017) PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) LOKASI: SMP N 15 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
EDNANDA BRIAN PURNAMA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan universitas yang mengutamakan kemajuan dalam sektor pendidikan. Di mana dalam pengembangannya masih tetap mempertahankan dan terus mengembangkan salah satu fungsinya yaitu untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru atau tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan sehingga menjadi tenaga pendidik yang professional. Demi terwujudnya generasi pendidik yang profesional UNY memberikan bekal berupa pengetahuan dan keterampilan dalam dunia kependidikan salah satunya dengan dilaksanakannya serangkaian mata kuliah yang salah satunya adalah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Hal ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Praktik Lapangan Terbimbing Universitas Negeri Yogyakarta yang berlokasi di SMP N 15 Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Jumlah anggota kelompok dilokasi ini terdiri dari 13 mahasiswa dari Program Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Bahasa Jawa, Pendidikan Fisika, PJKR, dan Pendidikan Sosiologi. Sebelum kegiatan dilaksanakan, terlebih dahulu diawali dengan berbagai kegiatan persiapan, diantaranya pengajaran mikro, pembekalan, dan observasi. Program utama individu adalah program yang penulis rencanakan dan laksanakan secara individu untuk peningkatan sumber daya warga sekolah. Program utama individu adalah membuat perangkat pembelajaran berupa RPP, praktik mengajar, menyusun administrasi mengajar, dan penyusunan evaluasi pembelajaran. Sedangkan program penunjang adalah membuat media pembelajaran. Secara umum program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Demi kelancaran dalam proses pembelajaran praktikan selalu berkonsultasi dengan guru pembimbing dan mencari solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan selama kegiatan PLT.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: UNY, PLT,SMP N 15 Yogyakarta ,Program Utama Individu,Program Penunjang Individu, Praktik Mengajar, Menyusun Administrasi Mengajar,Penyusunan Evaluasi Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Sep 2018 01:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59470

Actions (login required)

View Item View Item