LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMK PIRI 3 YOGYAKARTA

Fikry Abdullah Aziz, Fikry Abdullah Aziz (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMK PIRI 3 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN FIKRY ABDULLAH AZIZ.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk menguji kompetensi mahasiswa kependidikan dalam mengajar sekaligus sebagai proses latihan untuk menjadi guru yang profesional. Program ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa S1 kependidikan, termasuk Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam Praktik Lapangan Terbimbing ini, mahasiswa dapat berlatih mengembangkan kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian dan professional sebagai calon pendidik bangsa. Mahasiswa akan terjun secara langsung di dunia pendidikan yang sebenarnya. Praktik Lapangan Terbimbing mahasiswa ini dilaksanakan di SMK PIRI 3 Yogyakarta yang berlokasi di Jalan M.T. Haryono 23 Pugeran, Suryodiningratan, Mantrijeron, Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan 15 September 2017 sampai 15 November 2017. Mahasiswa melaksanakan praktik mengajar di kelas sebanyak 16 kali praktik mengajar terbimbing dan kegiatan persekolahan lain yang berkaitan dengan pelajaran ataupun di luar mengajar. Pelaksanaan program kegiatan praktik mengajar yang dilaksanakan di SMK PIRI 3 Yogyakarta secara umum sudah berjalan dengan baik. Pihak sekolah, guru pembimbing, peserta didik, dan praktikan dapat bekerjasama dengan baik sehingga dapat tercipta alur kerja yang teratur serta suasana yang kondusif dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Praktikan mendapat berbagai pengetahuan dan pengalaman terutama dalam hal kegiatan pembelajaran di kelas. Kegiatan PLT ini memberi manfaat dan pelajaran berharga tentang bagaimana menjadi seorang guru yang baik. Guru yang tidak hanya mengajarkan ilmu tetapi juga harus bisa memahami dan menghadapi peserta didik dengan latar belakang dan masalah yang berbeda. Dengan adanya kegiatan PLT, mahasiswa dapat belajar cara mengajar, mengelola kelas, dan mendidik peserta didik sesuai dengan konteks dan masalahnya. Mahasiswa juga belajar menjalin hubungan yang baik dengan peserta didik, guru, dan warga sekolah

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), SMK PIRI 3 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Sep 2018 01:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59453

Actions (login required)

View Item View Item