LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK PIRI 3 YOGYAKARTA

Alexander Wisnu Ardiyanto, Alexander Wisnu Ardiyanto (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK PIRI 3 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN ALEXANDER WISNU.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Abstrak Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa S1 program kependidikan sebagai syarat untuk kelulusan. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa agar memiliki kemampuan keguruan sehingga dapat mempersiapkan diri dalam mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai seorang calon pendidik. Praktik mengajar merupakan merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang bersifat teoretis yang telah diterima di perkuliahan dengan tujuan agar mahasiswa memperoleh pengalaman secara langsung pada kegiatan belajar mengajar, dalam melakukan praktik mengajar ini jadwal praktikan disesuaikan dengan jadwal mengajar guru pembimbing yang bersangkutan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PLT ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan, dimana juga dapat lebih dari 8 kali. Dengan PLT ini diharapkan mahasiswa mendapatkan nilai tambah dan mendapat bekal pangalaman serta gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PLT dengan sukses. Kurang lebih dua bulan di sekolah, mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperolah di bangku perkuliahan, terutama dalam mengajar di kelas, tindakan kelas, baik saat teori maupun praktikum. Kesiapan materi, mental dan bahan ajar merupakan hal yang mutlak harus dimiliki oleh praktikan, yang mana sudah diperoleh di bangku kuliahan. Dalam pelaksanaan program tersebut, tidak pernah lepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi, dengan adanya semangat dan motivasi dari guru pembimbing lapangan dan guru lain, dosen pembimbing lapangan, teman-teman satu tim dan berkat kerjasama yang baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa PLT bertujuan untuk membentuk calon pendidik yang berkompeten di bidangnya, yang mampu menjadi teladan bagi peserta didik, dan mampu membawa pengaruh yang baik bagi peserta didik. Terutama dalam hal penguasaan materi atau bahan yang ditekuni.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, praktikan, mahasiswa
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Sep 2018 01:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59452

Actions (login required)

View Item View Item