Pengaruh Lagu Dolanan Cublak-Cublak Suweng dalam Pembelajaran Musik Krestif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Musikalitas Peserta Didik di SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto

Firdhani, Aldhila Mifta (2018) Pengaruh Lagu Dolanan Cublak-Cublak Suweng dalam Pembelajaran Musik Krestif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Musikalitas Peserta Didik di SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Aldhila M.F._15724251037.compressed.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan musikalitas antara peserta didik yang diajarkan lagu dolanan cublak-cublak suweng melalui pembelajaran musik kreatif dan peserta didik yang tidak diajarkan lagu dolanan cublak-cublak suweng melalalui pembelajaran musik kreatif di SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto yang berjumlah 192 peserta didik. Sampel penelitian yang digunakan berjumlah 64 peserta didik yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu 32 peserta didik pada kelompok eksperimen dan 32 peserta didik pada kelompok kontrol. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling dengan tingkat signifikansi homogenitas populasi yang diukur menggunakan uji Levene’s sebesar 0,254. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik tes. Instrumen penelitian berupa tes kreativitas figural dan tes kemampuan improvisasi dasar. Validitas instrumen penelitian menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Pengukuran validitas isi menggunakan indeks validitas Aiken V, sedangkan pengukuran validitas konstruk menggunakan analisis faktor konfirmatori. Reliabilitas instrumen penelitian menggunakan teknik Alpha Cronbach dan inter-rater reliability dengan teknik Cohen’s Kappa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis multivariat Manova. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas multivariat menggunakan uji jarak Mahalanobis dan uji homogenitas multivariat menggunakan uji Box’s M. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif dan musikalitas antara peserta didik yang diajarkan lagu dolanan cublak-cublak suweng melalui pembelajaran musik kreatif dan peserta didik yang tidak diajarkan lagu dolanan cublak-cublak suweng melalui pembelajaran musik kreatif di SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil analisis multivariat menggunakan uji Mancova pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai signifikansi pada kolom Wilk’s Lambda sebesar 0,000. Nilai signifikansi tersebut menunjukkan bahwa nilai < 0,05. Selain itu, hasil penelitian juga dapat dibuktikan berdasarkan nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif dan musikalitas kelompok ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol pada saat posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh lagu dolanan cublak-cublak suweng melalui pembelajaran musik kreatif terhadap kemampuan berpikir kreatif dan musikalitas peserta didik di SMP Negeri 1 Kemlagi Mojokerto. Kata Kunci: lagu dolanan anak, kemampuan berpikir kreatif, musikalitas.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Date Deposited: 03 Sep 2018 03:01
Last Modified: 08 May 2019 10:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59448

Actions (login required)

View Item View Item