Hubungan antara Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Kesadaran Sejarah dengan Prestasi Belajar Sejarah Peserta Didik Madrasah Aliyah

Putri, Gandes Sekar (2018) Hubungan antara Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Kesadaran Sejarah dengan Prestasi Belajar Sejarah Peserta Didik Madrasah Aliyah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS.compressed.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara: (1) motivasi belajar, (2) perhatian orang tua, (3) kesadaran sejarah, dan (4) motivasi belajar, perhatian orang tua, dan kesadaran sejarah dengan prestasi belajar peserta didik Madrasah Aliyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif. Sampel penelitian yaitu 151 peserta didik Madrasah Aliyah. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengungkap motivasi belajar, perhatian orang tua, dan kesadaran sejarah, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengungkap data tentang prestasi belajar sejarah. Validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis terdiri dari korelasi Pearson Product Moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar sejarah yang ditunjukkan dengan r hitung 0,674 > r 0,158 dan p 0,000 < 0,05; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar sejarah yang ditunjukkan dengan r tabel hitung 0,831 > r 0,158 dan p 0,000 < 0,05; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kesadaran sejarah dengan prestasi belajar sejarah yang ditunjukkan dengan r v tabel hitung 0,473 > r 0,158 dan p 0,000 < 0,05; dan (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar, perhatian orang tua, dan kesadaran sejarah dengan prestasi belajar sejarah ditunjukkan dengan R 0,839 dan F hitung 116,069 > F tabel tabel 2,65 serta p 0,000 < 0,05 dengan total sumbangan 70,3%. Kata Kunci: motivasi belajar, perhatian orang tua, kesadaran sejarah, prestasi belajar sejarah

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah
Date Deposited: 03 Sep 2018 02:32
Last Modified: 08 May 2019 10:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59445

Actions (login required)

View Item View Item