Pengaruh Motivasi Afiliasi Terhadap Empati dan Perilaku Prososial Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ektrakurikuler di Madrasah Aliyah Ma’had Al-Zaytun

Hazri, Siti Yolanda (2018) Pengaruh Motivasi Afiliasi Terhadap Empati dan Perilaku Prososial Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ektrakurikuler di Madrasah Aliyah Ma’had Al-Zaytun. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS SITI YOLANDA HAZRI.compressed.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) motivasi afiliasi terhadap empati siswa yang mengikuti kegiatan ektrakurikuler di Madrasah Aliyah Ma’had Al-Zaytun, dan (2) motivasi afiliasi terhadapa perilaku prososial siswa yang mengikuti kegiatan ektrakulikuler di Madrasah Aliyah Ma’had Al-Zaytun. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data mengunakan angket pada 372 siswa yang mengikuti kegiatan ektrakulikuler di Madrasah Aliyah Ma’had Al-Zaytun pada bulan Maret 2017. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Terdapat pengaruh motivasi afiliasi yang signifikan terhadap empati pada siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Ma’had Al-Zaytun dengan nilai koefisien determinasi sebesar 24,2% dan nilai signifikansi Fhit 118.098 > Ftabel 3,86; (2) Terdapat pengaruh motivasi afiliasi yang signifikan terhadap perilaku prososial pada siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Ma’had Al-Zaytun dengan nilai koefisien determinasi sebesar 33,5% dan nilai signifikansi Fhit 186.629> Ftabel 3,86. Kata kunci: motivasi afiliasi, empati, perilaku prososial.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Psikologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Sep 2018 02:23
Last Modified: 09 May 2019 08:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59444

Actions (login required)

View Item View Item