Pemahaman Guru dan Antisipasi Perilaku Bullying di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta

Rozakiyah, Desy Santi (2018) Pemahaman Guru dan Antisipasi Perilaku Bullying di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Full Tesis.compressed.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pemahaman guru terhadap perilaku bullying yang ada di madrasah Mu’allimin; 2) guru dan musrif dalam menangani siswa yang melakukan tindakan bullying yang ada di madrasah Mu’alimin; dan 3) faktor dalam melakukan antisipasi perilaku bullying yang ada di madrasah Mu’allimin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek Penelitian adalah guru di Madrasah Mu’allimin Yogyakarta yang ditentukan dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Sumber data perimer dalam penelitian ini terdiri atas informan utama dan informan pendukung. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi-terstruktur dan analisis dokumen. Validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang disajikan dalam penelitian ini bersifat thic description. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman guru bimbingan konseling, wali kelas, musrif, dan direktur terhadap perilaku bullying bervariasi: ada yang memahaminya sebagai kenakalan remaja, ada yang tidak paham apa yang dimaksud dengan bullying, dan ada pemahaman lebih pada jenis perilaku bullying dan kesalahan dalam mengartikan perilaku bullying. 2) Guru dan musrif dalam menaganai perilaku bullying masih lemah dan bersifat pasif dalam menangani siswa, dimana guru hanya menuggu laporan dari siswa. 3) Hambatan dalam mengantisipasi perilaku bullying adalah rasio antara musrif dan siswa tidak seimbang sehingga perilaku bullying dilakukan oleh beberapa siswa. Kata kunci: pemahaman guru, antisipasi, hambatan dalam menangani perilaku bullying

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Date Deposited: 03 Sep 2018 01:54
Last Modified: 08 May 2019 10:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59432

Actions (login required)

View Item View Item