Efektivitas Terapi Emotional Freedom Technique (EFT) terhadap Penurunan Kecanduan Smartphone Siswa

Habibi, A. Maulani (2018) Efektivitas Terapi Emotional Freedom Technique (EFT) terhadap Penurunan Kecanduan Smartphone Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-a-maulani-habibi-16713251022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Smartphone merupakan perangkat elektronik yang mampu memberikan banyak manfaat bagi siswa. Selain dapat memberikan manfaat baik smartphone juga dapat berdampak buruk bagi penggunanya yaitu kecanduan terhadap smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi emotional freedom technique(EFT) terhadap penurunan kecanduan smartphone siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling yaitu 5orang siswa SMA Muhammadiyah 1 Bantul dan 5 orang siswa SMA N 8 Yogyakarta yang memiliki kecanduan smartphone tinggi dan sedang serta bersedia mengikuti konseling. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala kecanduan smartphone. Pengembanganskala melalui tahap uji validitas isi dengan dua validator dan uji validitas konstruk dengan uji eksploratory factor analys(EFA) yang di uji coba pada 271 siswa dengan hasil Alpha Cronbach’s0.879 . Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik non parametris dengan Uji Mann-Whitney Test dan Uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk melihat perbandingan antara skor pre-test dan post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkanuji hipotesis penelitian ini, pada kelompok eksperimen menunjukan bahwa Z hitung sebesar -2.032 dan sig sebesar 0.042 hal ini menunjukkan bahwa nilai sig 0.042 lebih kecil dari 0.05 (dengan taraf kesalahan 5%), sedangkan pada kelompok kontrol menunjukkan bahwa Z hitung sebesar -1.461 dan sig sebesar 0.144 hal ini menunjukkan bahwa nilai sig lebih besar dari 0.05 (0.144 > 0.05). Dengan demikian hasil tersebut membuktikan bahwa siswa yang mendapat perlakuan dengan terapi EFT memiliki tingkat kecanduan smartphpone yang berkurang secara signifikan daripada penurunan tingkat kecanduan smartphone siswa pada kelompok kontrol. Maka dari itu penelitian ini disimpulkan bahwa terapi emotional freedom technique (EFT) efektif terhadap kecanduan smartphone siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Emotional Freedom Technique(EFT), Kecanduan Smartphone
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Date Deposited: 31 Aug 2018 02:43
Last Modified: 26 Oct 2022 07:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59418

Actions (login required)

View Item View Item