LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

ALJAB HENDRA SULAKSANA, ALJAB HENDRA SULAKSANA (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14416244014_ALJAB HENDRA SULAKSANA_PEND. IPS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan sarana mahasiswa untuk dapat melatih diri dan menambah pengalaman dalam bidang pembelajaran serta manajerial sekolah. Praktik Lapangan Terbimbing ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata kegiatan peembelajaran dengan harapan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sehingga siap untuk terjun ke dunia kependidikan sebagai pengajar profesional. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing Program ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang wajib ditempuh oleh mahasiswa jenjang S-1 kependidikan, termasuk Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa kependidikan yang akan menjalani profesi sebagai pendidik. Mahasiswa dalam pelaksanaan PLT melalui beberapa tahap yaitu diawali dengan observasi sekolah dengan melihat secara langsung KBM yang dilakukan oleh guru bidang studi sesuai bidang ilmunya masing-masing. Kemudian dilaksanakan kegiatan mengajar di kampus bersama dosen micro teaching dan para mahasiswa dalam rangka persiapan praktik mengajar di sekolah. Kegiatan PLT berlangsung selama kurang lebih 2 bulan, yaitu sejak tanggal 15 September sampai pada 15 November 2017. Kegiatan ini mencakup praktik mengajar dan praktik manajemen administrasi sekolah yang diselenggrakan oleh pihak UNY di SMP N 9 Yogyakarta .Praktik mengajar di kelas dengan jumlah mengajar minimal 4 kali mengajar terbimbing dan 4 kali mengajar mandiri, dan telah dilaksanakan sebanyak 40 kali pertemuan. Dalam praktik mengajar dilakukan berbagai persiapan mulai dari penyusunan RPP, materi pembelajaran, media pembelajaran, hingga pembuatan soal ulangan dan analisis ketuntasan. Hasil kegiatan PLT selama dua bulan ini memberikan cukup pengalaman bagi mahasiswa sebagai bekal mengajar. Pelaksanaan PLT dirasa dapat memberikan bekal pada mahasiswa mengenai bagaimana menjadi guru yang memiliki dedikasi dan loyalitas pada instansinya. Hal penting yang harus dicapai dalam pembelajaran adalah dapat berlangsung secara optimal. Mahasiswa juga belajar tentang pengelolaan sekolah beserta kultur sekolah secara sosial maupun profesional. Hal yang penting dari PLT ini adalah mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga dan juga hubungan kekeluargaan dengan peserta didik dan masyarakat sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapngan Terbimbing, SMP N 9 Yogyakarta, Pengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Aug 2018 03:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59415

Actions (login required)

View Item View Item