Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Representasi Grafik dan Verbal Peserta Didik SMA

Fithrathy, Al (2018) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Representasi Grafik dan Verbal Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-Alfithrathy-15726251031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika yang layak digunakan untuk membantu proses belajar peserta didik, dan (2) untuk mengetahui kemampuan representasi grafik dan verbal peserta didik. Penelitian pengembangan ini mengacu pada metode 4D, yang meliputi: (1) pendefinisian, (2) pengembangan, (3) perencanaan, dan (4) penyebaran perangkat. Subjek uji empiris teridiri dari 100 peserta didik kelas XI SMA N 1 Woha, dengan tingkatan kognitif yang berbeda. Subjek uji terbatas terdiri dari 21 peserta didik kelas XI SMA N 1 Woha. Subjek uji lapangan pada kelas eksperimen sebanyak 32 peserta didik dan pada kelas kontrol sebanyak 31 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian perangkat pembelajaran dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran ditinjau dari aspek RPP, instrumen tes dan media pembelajaran menurut penilaian para validator dalam kategori “baik”. (2) Untuk perbedaan hasil akhir antara kelas eksperimen dan kelas konrol, ditunjukkan oleh nilai gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kata Kunci: pembelajaran fisika, multimedia, representasi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Date Deposited: 30 Aug 2018 03:44
Last Modified: 21 Nov 2023 08:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59380

Actions (login required)

View Item View Item