PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD N I BEDAGAS KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2011/2012

Prihartanto, Win Yoga (2012) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD N I BEDAGAS KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Win Yoga Prihartanto.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif model Cooperative Learning tipe NHT terhadap motivasi belajar, serta untuk mengetahui model pembelajaran Cooperative Learning tipe NHT ataukah model pembelajaran diskusi kelompok yang lebih berpengaruh terhadap motivasi belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Bedagas Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Cooperative Learning tipe NHT. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri I Bedagas Kabupaten Purbalingga yang berjumlah 48 siswa dengan rincian 24 siswa untuk kelas A dan 24 siswa pula untuk kelas B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis menunjukan nilai rata-rata motivasi pada kelas eksperimen pasca treatment (6,875) > dari pada nilai rata-rata motivasi pada pra treatment (6,125). Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dari penggunaan model Cooperative Learning tipe NHT terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V SD N I Bedagas Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2011/2012, dan berdasarkan hasil analisis rata-rata skor angket motivasi belajar pasca treatment dari kedua kelompok didapatkan kelompok eksperimen atau kelompok NHT (

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2012 10:43
Last Modified: 29 Jan 2019 16:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5937

Actions (login required)

View Item View Item