LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNY SMK N 3 WONOSARI Jl. Pramuka No.8 Tawarsari, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta

RIDWAN MAJID, RIDWAN MAJID (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNY SMK N 3 WONOSARI Jl. Pramuka No.8 Tawarsari, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14502241022_Ridwan Majid.pdf

Download (992kB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1, dengan program studi kependidikan. Pelaksanaan program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini memiliki misi untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan pedagogik yang professional Kegiatan PLT yang dilakukan meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan persiapan dimulai dengan observasi pembelajaran, konsultasi guru pembimbing dan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP, silabus, modul, buku kerja guru dan media pembelajaran. Dalam pelaksanaan PLT yang berupa praktik mengajar dikelas mata pelajaran teori maupun praktik, penulis diberikan tugas oleh guru pembimbing lapangan memberikan materi kompetensi kejuruan “Dasar Pemrograman”. Praktik mengajar dimulai pada tanggal 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017, dengan menerapkan Kurimulim 2013 dan jumlah total jam 287 jam. Dari kegiatan PLT ini mahasiswa mendapat pengalaman nyata dalam belajar bertindak sebagai seorang guru dimulai dari persiapan sampai dengan pengelolaan kelas. Hasil yang dicapai setelah melakukan persiapan sebelum kegiatan mengajar yaitu praktikan dapat mengetahui dan membuat instrumen yang dibutuhkan sebelum melakukan kegiatan mengajar agar kegiatan pembelajaran ini dapat berjalan dengan lancar. Dengan kegiatan mengajar maka praktikan mendapatkan pengalaman yang berharga untuk dapat belajar menjadi tenaga pendidik yang kompeten dan memiliki keterampilan pedagogik yang profesional. Yang kemudian praktikan dapat melakukan penilaian dari hasi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakn dan seberapa besar tujuan pendidikan itu sudah tercapai.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing, Mengajar, SMK Negeri 3 Wonosari.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59355

Actions (login required)

View Item View Item