LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNY SMK N 3 WONOSARI Jl. Pramuka No.8 Tawarsari, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta

Subkhan, Adnan (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNY SMK N 3 WONOSARI Jl. Pramuka No.8 Tawarsari, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14502241030_Adnan Subkhan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 kependidikan. Pelaksanaan program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini memiliki misi untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan pedagogik yang profesional. Tempat yang menjadi lokasi pelaksanaan PLT UNY 2017 adalah SMK Negeri 3 Wonosari, yang beralamat di -Wonosari, Gunungkidul. Kegiatan PLT yang dilakukan meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan persiapan dimulai dengan observasi pembelajaran, konsultasi guru pembimbing dan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP, silabus, modul, buku kerja guru dan media pembelajaran. Dalam pelaksanaan PLT, penulis diberikan tugas oleh guru pembimbing lapangan memberikan materi kompetensi kejuruan “Dasar Pemrograman”. Praktik mengajar dimulai pada tanggal 15 Juli 2017 sampai dengan 15 September 2017, dengan menerapkan Kurikulum 2013 dan jumlah total 6 jam mengajar tiap minggu. Selama kegiatan PLT, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di dua kelas, yaitu kelas X AV 1 dan X AV 2 dengan mata pelajaran Dasar Pemrograman. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa mendapat pengalaman nyata dengan bertindak sebagai seorang guru dimulai dari persiapan sampai dengan pengelolaan kelas. Penulis menghimbau SMK Negeri 3 Wonosari untuk menambah sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan proses belajar mengajar. Selain itu, penulis juga menyarankan pada guru pembimbing untuk meningkatkan kualitas bimbingannya terhadap mahasiswa PLT sehingga setelah melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan mahasiswa benar-benar siap menjadi tenaga pendidik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Dasar Pemrograman, UNY, SMK Negeri 3 Wonosari
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Aug 2018 04:25
Last Modified: 02 Oct 2019 02:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59354

Actions (login required)

View Item View Item