PENGEMBANGAN “FORUM INTERAKSI” BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MLATI

Rukmi, Kartika Puspita and Wiyatmo, Yusman (2018) PENGEMBANGAN “FORUM INTERAKSI” BERBASIS WEB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MLATI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KARTIKA PUSPITA R. 1131624020 PEND. FISIKA I.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran “forum interaksi” berbasis web yang layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di sekolah, (2) mengetahui “forum interaksi” berbasis web sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam belajar fisika, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar materi fisika setelah siswa menggunakan media pembelajaran forum interaksi berbasis web. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Mlati semester genap tahun ajaran 2016/1017. Pada tahap define, merencanakan forum interaksi berbasis web sebagai media pembelajaran fisika materi momentum dan impuls untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Tahap design, merancang media pembelajaran forum interaksi berbasis web. Tahap develop, validasi produk oleh validator dan melakukan pengujian pada uji terbatas dan uji lapangan. Tahap disseminate, penyebaran produk forum interaksi berbasis web kepada kelas-kelas yang lain dan guru. Data penelitian ini didapat dari penilaian dari validator, hasil wawancara, hasil tes siswa dan hasil angket. Instrumen penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test, angket motivasi, dan lembar wawancara. Dari data hasil penelitian didapatkan media pembelajaran “forum interaksi” berbasis web yang layak digunakan dan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) telah dihasilkan media pembelajaran “forum interaksi” berbasis web dengan materi momentum dan impuls pada materi fisika yang layak digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, (2) media pembelajaran “forum interaksi” berbasis web dengan materi momentum dan impuls dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar sebesar 0,42 dengan pada uji coba terbatas dan 0,62 pada uji coba lapangan, angka ini termasuk dalam kategori peningkatan sedang, dan (3) besar peningkatan hasil belajar setelah siswa menggunakan media pembelajaran forum interaksi berbasis web dengan materi momentum dan impuls adalah 0,51 pada uji terbatas dan 0,59 pada uji coba lapangan angka ini termasuk dalam kategori peningkatan sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: forum, web, motivasi, hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 30 Aug 2018 05:02
Last Modified: 30 Jan 2019 16:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59324

Actions (login required)

View Item View Item