UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)SISWA KELAS X MELALUI PEMANFAATAN MODUL TIK DI SMA N 1 NGEMPLAK

Jati, Handaru and Wulandari, Irma Rofni UPAYA PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)SISWA KELAS X MELALUI PEMANFAATAN MODUL TIK DI SMA N 1 NGEMPLAK. In: Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika, Yogyakarta. (Unpublished)

[img] Text
JURNAL_irma_&_Handaru.docx - Draft Version

Download (70kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemandirian dan prestasi belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) siswa melalui pemanfaatan modul TIK di kelas X SMA N 1 Ngemplak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya mencakup 4 tahap kegiatan, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XC SMA Negeri 1 Ngemplak tahun pelajaran 2010/2011. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan catatan lapangan. Instrumen penelitian berupa tes evaluasi, lembar observasi, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Data yang telah terkumpul diklasifikasikan menjadi dua kelompok yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemandirian belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa kelas XC dengan memanfaatkan modul TIK, peningkatan dapat dilihat dari semakin banyaknya siswa yang memperoleh skor kemandirian belajar pada interval atas yaitu pada interval 22.5 – 26.4 dari 0 siswa (0%) pada Siklus 1, meningkat menjadi 3 siswa (6%) pada siklus 2 dan pada interval 18.5 – 22.4 dari 3 siswa (8%) pada siklus 1 meningkat sebanyak 22 siswa (61%) pada siklus 2. Hasil tes evaluasi menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa, hasil evaluasi siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan dari 83 pada siklus I kemudian meningkat menjadi 93 pada siklus II. Sedangkan nilai simpangan baku pada siklus I sebesar 10 turun menjadi 8 pada siklus II. Adanya penurunan pada simpangan baku tersebut dapat mempersempit rentang nilai antara yang tinggi dan rendah sehingga nilai siswa dikelas menjadi lebih homogen. Berdasar hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemandirian dan prestasi belajar TIK siswa kelas XC melalui pemanfaatan modul TIK.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 19 Sep 2012 09:58
Last Modified: 26 Oct 2015 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5930

Actions (login required)

View Item View Item