Pengembangan Model Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving) untuk Usia 5-6 Tahun di TK Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta

Agustiningsih, Rini (2018) Pengembangan Model Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving) untuk Usia 5-6 Tahun di TK Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rini-agustiningsih-16717251001.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model penilaian autentik dalam pembelajaran pemecahan masalah untuk usia 5-6 tahun. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) kebutuhan untuk mengembangkan model penilaian autentik dalam pembelajaran pemecahan masalah (problem solving), 2) validitas instrumen dalam model penilaian autentik, 3) kelayakan model penilaian autentik, 4) kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, dan 5) perbaikan model penilaian autentik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadopsi model pengembangan ADDIE. Tahap-tahap yang dilakukan meliputi : (1) analisis kebutuhan dan perumusan tujuan; (2) perancangan produk; (3) pengembangan produk; (4) implementasi produk; dan (5) evaluasi produk. Uji coba dilaksanakan melalui uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Subjek uji coba skala kecil terdiri dari empat guru serta 30 siswa dan subjek uji coba skala besar terdiri dari delapan guru serta 44 siswa. Penentuan subyek uji coba menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kepraktisan, angket keefektifan, dan lembar observasi keterlaksanaan. Analisis data kepraktisan, keefektifan, dan keterlaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran pemecahan masalah menggunakan Inter-rater realibility dan Cornbach’s alpha dengan program SPSS versi 22. Penelitian ini menghasilkan model penilaian autentik dalam pembelajaran pemecahan masalah untuk usia 5-6 tahun dengan kriteria: 1) memenuhi syarat validitas menurut ahli penilaian; 2) memenuhi kriteria sangat praktis dan sangat efektif sehingga layak digunakan dengan nilai koefisien Cornbach’s Alpha (α) 0,978 atau sangat andal; 3) kemampuan siswa dalam memecahkan masalah berada di kriteria berkembang sesuai harapan pada uji coba skala kecil 73,3%, pada uji coba skala besar 63,6%; dan 4) perbaikan produk I berupa penambahan alokasi waktu pada masing-masing kegiatan, perbaikan produk II berupa peleburan tahap pemecahan masalah yang pertama yaitu memahami masalah dan kejelasan kriteria kemampuan memecahkan masalah pada masing-masing tahap.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, penilaian autentik, problem solving, 5-6 Tahun
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Date Deposited: 29 Aug 2018 02:36
Last Modified: 08 May 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59258

Actions (login required)

View Item View Item