Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Pemahaman Konsep, Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Materi Sistem Gerak pada Siswa SMA Negeri 1 Prambanan

Wahyuningtyas, Riska Septia (2018) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Pemahaman Konsep, Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Materi Sistem Gerak pada Siswa SMA Negeri 1 Prambanan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS RISKA SEPTIA.compressed.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan (1) Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis, (2) Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemecahan masalah, (3) Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pemahaman konsep siswa, dan (4) untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah, dan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini merupakan quasi-experiment yang menggunakan desain pretes postes control group design. Populasi penelitian adalah semua kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Prambanan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil dua kelas berdasarkan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan CTL, soal penilaian kemampuan berpikir kritis, soal penilaian kemampuan pemecahan masalah, dan soal penialain pemahaman konsep siswa. Data hasil penelitian di analisis dengan uji MANOVA dan korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL) berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa,(2) pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL) berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah, (3) pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL) berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep siswa, dan (4) terdapat hubungan yang positif antara kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah, dan pemahaman konsep siswa. Kata kunci: Contextual Teaching and Learning, berpikir kritis, pemecaham masalah, pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Aug 2018 01:53
Last Modified: 09 May 2019 08:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59227

Actions (login required)

View Item View Item