PERSEPSI GURU TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA

Arifin, Slamet (2012) PERSEPSI GURU TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Slamet Arifin.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru sekolah dasar terhadap pendidikan karakter se Kecamatan Pengadegan, Kabupaten Purbalingga. Aspek-aspek yang diukur meliputi konsep pendidikan karakter, tujuan pendidikan karakter, nilainilai dalam pendidikan karakter dan pendidikan karakter di sekolah. Subjek penelitian ini adalah para guru sekolah dasar se Kecamatan Pengadegan, Kabupaten Purbalingga. Objek penelitiannya adalah persepsi guru terhadap pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pengadegan sebanyak 203 guru yang tersebar di 21 sekolahan. Ukuran sampel berjumlah 127 guru yang diambil berdasarkan tabel penentuan jumlah sampel tertentu yang dikembangkan oleh Isac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Sebelum digunakan angket terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian validitas dilakukan dengan menggunakan content validity dan construct validity. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan persepsi guru Sekolah Dasar di Kecamatan Pengadegan, Kabupaten Purbalingga terhadap pendidikan karakter termasuk dalam kategori sangat baik yaitu dengan persentase sebesar 87,66 % dengan rata-rata 140,21. Dengan rincian untuk masing-masing variabel sebagai berikut; persepsi terhadap konsep pendidikan karakter adalah sangat baik dengan persentase 87,99 % dengan rata-rata 17,60, persepsi guru terhadap tujuan pendidikan karakter adalah baik dengan persentase 81,35 % dengan rata-rata 13,02, persepsi guru terhadap nilai pendidikan karakter adalah sangat baik dengan persentase 88,03 % dan rata-rata 73,94, persepsi guru terhadap pendidikan karakter di sekolah dasar adalah sangat baik dengan persentase 89,25 % dan rata-rata 35,70. Kata kunci: persepsi guru terhadap pendidikan karakter

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2012 10:43
Last Modified: 29 Jan 2019 16:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5905

Actions (login required)

View Item View Item