PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN INTENSITAS BELAJAR KELOMPOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD N Se-GUGUS CAHYANA KEC. REMBANG, PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012

Pratikno, - (2012) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN INTENSITAS BELAJAR KELOMPOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD N Se-GUGUS CAHYANA KEC. REMBANG, PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pratikno.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap minat belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Gugus Cahyana tahun pelajaran 2011/ 2012, mengetahui pengaruh intensitas belajar kelompok terhadap minat belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Gugus Cahyana tahun pelajaran 2011/ 2012, dan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan intensitas belajar kelompok terhadap minat belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Gugus Cahyana tahun pelajaran 2011/ 2012. Penelitian ini merupakan penelitian Korelasi dengan variabel independen yaitu perhatian orang tua dan belajar kelompok, serta sebagai variabel dependen yaitu minat belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 144 responden yang berupa siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Gugus Cahyana yang berada di Kecamatan Rembang, dengan laki- laki sebanyak 78 dan perempuan sejumlah 66. Untuk sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 60 responden. Pengumpulan data yang dipakai menggunakan metode angket. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel perhatian orang tua, intensitas belajar kelompok, dan minat belajar siswa. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, linieritas, dan uji multikolinieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, teknik korelasi Product Moment, dan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh yang positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap minat belajar siswa dengan t hitung (2,291) > t tabel (1,671) dan pengaruh sebesar 26,8%. Ada pengaruh yang positif dan signifikan intensitas belajar kelompok terhadap minat belajar siswa dengan t hitung (4,771) > t tabel (1,671) dan pengaruh sebesar 42,9%. Ada pengaruh yang positif dan signifikan perhatian orang tua dan intensitas belajar kelompok terhadap minat belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Gugus Cahyana Kecamatan Rembang, Purbalingga tahun pelajaran 2011/ 2012. Hal tersebut ditunjukan dengan harga F hitung (25,984) lebih besar dari harga F tabel (3,17). Diketahui pula besar pengaruh perhatian orang tua dan intensitas belajar kelompok terhadap minat belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Gugus Cahyana sebesar 47,7%. Kata kunci: perhatian orang tua, intensitas belajar kelompok, minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Depositing User: admin PGSD fip
Date Deposited: 18 Sep 2012 10:43
Last Modified: 18 Sep 2012 10:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5901

Actions (login required)

View Item View Item