LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING LOKASI: SEKOLAH DASAR NEGERI GADINGAN DURUNGAN, KECAMATAN WATES, KABUPATEN KULON PROGO

Nida Shafiya Ambaswari, Nida Shafiya Ambaswari (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING LOKASI: SEKOLAH DASAR NEGERI GADINGAN DURUNGAN, KECAMATAN WATES, KABUPATEN KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NIDA SHAFIYA AMBASWARI 14108241039 F4.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Paktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan guna memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. PLT ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2017 dimulai pada 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Kegiatan ini berlokasi di SD Negeri Gadingan tujuan dari program PLT memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa sebagai wadah untuk melatih dan mengembangkan kompetensi yang dimiliki mahasiswa berkaitan dengan pendidikan, memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mengetahui permasalahan yang berkaitan dengan proses pembelajaran, dan mengasah kemampuan yang dimiliki mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah didapat. Kegiatan PLT dimulai dari penerjunan mahasiswa PLT dan diisi dengan berbagai program kerja. Program kerja yang dilaksankan adalah observasi dan orientasi kemudian praktek mengajar sebanyak 10 kali, menyusun perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, beserta kelengkapan pembelajaran lainnya, dlanjutkan dengan evaluasi praktik mengajar, beberapa pendampingan ekstrakurikuler yang terdiri dari tari, TPA, batik dan olahraga, serta program peringatan Hari Jadi Kulon Progo menghias kelas, mading, pengecatan, tamanisasi, perpisahan, dan diakhiri dengan penarikan PLT disertai dengan penyusunan laporan PLT. Dari pelaksanaan kegiatan PLT maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PLT dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetetnsi sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal permasalahan disekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk menerapka ilmu pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata disekolah serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah terkait yaitu SD Negeri Gadingan Wates Kulon Progo.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SD Negeriu Gadingan , UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Aug 2018 10:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58562

Actions (login required)

View Item View Item