PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK TK A MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GEOMETRI DI TK PERTIWI PUSPOYOGO, TERBAH, WATES.

Garsmedy, Grace One (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK TK A MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GEOMETRI DI TK PERTIWI PUSPOYOGO, TERBAH, WATES. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Grace One G.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif khususnya kemampuan mengklasifikasi benda berdasarkan ciri tertentu, misalnya berdasarkan warna, bentuk atau ukuran. Penelitian ini dilakukan di TK Pertiwi Puspoyogo Komplek Perum Terbahsari, Wates, Kulon progo. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik di TK Pertiwi Puspoyogo kelompok A yang berjumlah 17 anak dengan rentang usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus tindakan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes lisan, portofolio dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes lisan dan portofolio berupa LKA dan hasil karya. Peningkatan kemampuan kognitif, khususnya kemampuan mengklasifikasi benda berdasarkan bentuk, warna atau ukuran yang pada awalnya kurang optimal kemudian mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II. Pelaksanaan tiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Persentase yang diperoleh ketika dilakukan pretest pada indikator 1 dengan instrumen tes lisan sebesar 32,85%. Pada saat dilakukan tindakan pada siklus I naik menjadi 38,57% dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 88,23%. Persentase yang diperoleh ketika dilakukan pretest pada indikator 2 dengan instrumen portofolio (hasil karya) sebesar 40%. Pada saat dilakukan tindakan pada siklus I naik menjadi 57,14% dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 95%. Persentase yang diperoleh ketika dilakukan pretest pada indikator 3 dengan instrumen portofolio (LKA) sebesar 57,69%. Pada saat dilakukan tindakan pada siklus I naik menjadi 64,28% dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 90%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media geometri dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, khususnya keterampilan mengklasifikasi benda berdasarkan bentuk, warna atau ukuran. Kata Kunci : kemampuan kognitif, media geometri, anak usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2012 14:27
Last Modified: 29 Jan 2019 16:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5843

Actions (login required)

View Item View Item