LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017 / 2018 LOKASI SMP N 4 WATES Jln. Terbahsari 3 Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

YUNIAR PUTRA DIAN PERWIRA, YUNIAR PUTRA DIAN PERWIRA (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017 / 2018 LOKASI SMP N 4 WATES Jln. Terbahsari 3 Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14206244009_YUNIAR PUTRA D.P__PEND. SENI RUPA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Kegiatan PLT bersifat aplikatif, yang dilaksanakan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus untuk dikembangkan oleh mahasiswa di sekolah. Kegiatan PLT dilaksanakan pada tanggal 15 September s.d. 15 November 2017 di SMP Negeri 4 Wates. Mahasiswa PLT bertugas untuk mempersiapkan keperluan atau perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi yang diampu guru pembimbing. Guru pembimbing memberikan kesempatan terhadap mahasiswa dalam mengelola kelas serta memberikan arahan dan bimbingan kepada mahasiswa. Kegiatan PLT meliputi kegiatan kelompok maupun individu yang diprogramkan oleh UNY, seperti pengajaran mikro, pembekalan, observasi, pembuatan perangkat pembelajaran, praktik mengajar serta pembuatan laporan. Hasil dari kegiatan PLT di SMP Negeri 4 Wates antara lain praktik mengajar mata pelajaran Seni Budaya sebanyak delapan kali tatap muka di kelas VII B C D dan E. Pelaksanaan kegiatan PLT di SMP Negeri 4 Wates dapat dilaksanakan dengan baik berkat adanya komunikasi dan kerjasama yang baik antara warga sekolah dengan mahasiswa PLT UNY. Hal ini tidak terlepas juga dari peran guru pembimbing dalam membimbing mahasiswa PLT serta peran siswa selama kegiatan belajar mengajar (KBM). Dengan demikian, kegiatan PLT ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pihak sekolah maupun kepada mahasiswa sendiri untuk mengembangkan kemampuannya dan mengaplikasikan pengetahuan pengalaman praktik mengajar di kelas agar dapat berguna dimasa depan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT UNY 2017, SMP N 4 Wates, Yuniar Putra Dian Perwira
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Aug 2018 02:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58389

Actions (login required)

View Item View Item