Wulan Apriliautami, Wulan Apriliautami (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMA NEGERI 1 PENGASIH Periode : 15 September 2017 – 15 November 2017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
14803241028_Wulan Apriliautami_Pendidikan Akuntansi.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupkan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa di semua jurusan pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa keterampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Kegiatan PLT terbagi dalam dua tahapan, yaitu persiapan mengajar dan pelaksanaan mengajar. Tahap persiapan dimulai dari observasi kelas, yang dilaksanakan pada tanggal 8 Maret 2017. Selanjutnya mahasiswa menempuh mata kuliah microteching di kampus yang merupakan mata kuliah untuk melatih mahasiswa dalam mengajar. Ada beberapa program PLT yang diprogramkan oleh praktikan antara lain, piket pagi (jabat tangan), piket presensi, piket pengelolaan perpustakaan, upacara bendera, pendampingan futsal dan basket, dan lain-lain. Sedangkan untuk program PLT individu adalah menyusun perangkat administrasi mengajar yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), agenda mengajar, lembar kerja siswa, soal beserta kisi-kisi, kunci jawaban, serta pedoman penskoran, dan lain-lain. Praktikan juga melaksanakan praktik mengajar secara insidental. Hasil dari pelaksanaan PLT selama kurang lebih dua bulan di SMA Negeri 1 Pengasih dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan. Mahasiswa praktikan dapat menyelesaikan tugasnya dalam mengajar mata pelajaran Ekonomi dan Akuntansi untuk kelas X, XI, dan XII serta menyelesaikan praktik mengajar insidental mata pelajaran Ekonomi dan Akuntansi. Praktik mengajar yang dilaksanakan untuk mata pelajaran ekonomi dan akuntansi sebanyak 16 kali, sedangkan untuk mata pelajaran Ekonomi dan Akuntansi indidental sebanyak 8 kali.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Lapangan Terbimbing, Pengembangan Kompetensi, Mata Pelajaran Ekonomi dan Akuntans |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 02:58 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58384 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |