LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2017

Putri Diah Aprilia, Putri Diah Aprilia (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14203241024_Putri Diah Aprilia_Pendidikan Bahasa Jerman.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar di lapangan secara langsung kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan akademis maupun praktis dalam dunia pendidikan, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian dan bertanggungjawab dalam mengambil keputusan. Kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial juga dikembangkan dalam kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas dan profesional. PLT yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pengasih bertujuan memberi gambaran kepada mahasiswa bagaimana cara menyampaikan materi kepada peserta didik dengan metode dan model pembelajaran yang sesuai. Sehingga diharapkan lulusan UNY kelak dapat menjadi tenaga kependidikan yang profesional,unggul serta mampu menjadi pendidik bagi calon penerus bangsa. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan pembuatan media yang sesuai serta sangat dibutuhkan dalam mempelancar proses belajar. Dalam setiap kali praktik mengajar di lapangan wajib membuat Rencana Persiapan Pembelajaran sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang nantinya akan disampaikan kepada peserta didik di dalam kelas. Untuk program PLT, pembagian kelas sebagai tempat praktek mengajar disesuaikan dengan kelas ampuan guru pembimbing masing-masing. Masing-masing mahasiswa mengampu kelas X. Kegiatan PLT UNY 2017 di SMA Negeri 1 Pengasih dilaksanakan dari tanggal 16 September sampai 15 November 2017. Pelaksanaan PLT di SMA Negeri 1 Pengasih secara umum meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pembelajaran di kelas, dan analisis hasil pembelajaran. Tahap persiapan meliputi penetapan tujuan pembelajaran dan teknis pengajaran yang tertuang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), satuan pembelajaran dan silabus, yang di dalamnya sudah termasuk pemilihan metode dan pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan tahap pembelajaran di kelas adalah aplikasi dari perencanaan pengajaran yang telah dibuat. Praktikan melakukan kegiatan mengajar terbimbing yaitu mengajar dengan pengawasan dari guru mata pelajaran yang bersangkutan. Kemudian tahapan selanjutnya adalah analisis hasil pembelajaran yang dilakukan melalui proses evaluasi siswa baik dalam bentuk tugas maupun ulangan harian sebagai parameter untuk mengukur tingkat ketuntasan belajar siswa. Melalui kegiatan PLT ini banyak sekali manfaat yang dapat di diambil oleh para praktikan, baik dalam hal mengajar maupun dalam hal mengasah kepribadian bermasyarakat. Praktikan dapat mengetahui bagaimana menjadi guru yang baik dan dapat memberikan bekal kepada para praktikan untuk dapat mencapai sebuah proses pembelajaran yang optimal demi terciptanya efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, persiapan, mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Aug 2018 01:54
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58377

Actions (login required)

View Item View Item