Rafika Annur Rokhimah, Rafika Annur Rokhimah (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN INDIVIDU RAFIKA ANNUR ROKHIMAH.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan praktik awal untuk persiapan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga kependidikan. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah praktik yang wajib ditempuh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Dengan adanya pelaksanaan PLT ini, mahasiswa diharapkan dapat memiliki pengalaman baru dalam hal praktik mengajar. Dengan demikian mahasiswa dapat memberi dan menerima (give and take) ilmu-ilmu yang bermanfaat sehingga dapat membantu mahasiswa menjadi calon tenaga kependidikan profesional. Pelaksanaan kegiatan PLT ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa yaitu pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi, tanggung jawab serta memecahkan masalah. Selain itu, mahasiswa juga belajar mengenal lingkungan sekolah dan pihak sekolah serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkreasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari kepada masyarakat. Masyarakat yang dimaksud adalah masyarakat di lembaga pendidikan baik formal maupun non formal. SMA Negeri 2 Klaten yang beralamat di Jalan Angsana, Trunuh, Klaten Selatan sebagai lembaga pendidikan formal memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam melaksanakan pogram PLT UNY tahun 2017. Program PLT yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Klaten, Jalan Angsana, Trunuh, Klaten Selatan ini dimulai pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Kegiatan yang dilakukan dalam program PLT ini antara lain, observasi kegiatan pembelajaran di kelas X MIPA 6, XI IPS 1 dan XII IPS 1, menyiapkan RPP, menyiapkan media pembelajaran, konsultasi dengan guru pembimbing, praktik mengajar di kelas X MIPA 7, XI IPS 2, dan XII IPS 2, mengajar viii secara team teaching di kelas X IPS 1 serta mengadakan evaluasi. Terdapat 7 kelas paralel di SMA Negeri 2 Klaten yang memiliki mata pelajaran Bahasa Prancis Dari program PLT ini, mahasiswa memperoleh pengalaman untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai dalam kehidupan yang nyata di sekolah, juga tanggung jawab yang harus diemban sebagai seorang guru. Selain itu, dengan adanya program PLT ini, dapat memperoleh banyak kompetensi dan keterampilan untuk menjadi calon guru yang profesional. Secara keseluruhan, kegiatan PLT UNY tahun 2017 di SMA Negeri 2 Klaten berjalan dengan baik dan lancar berkat dukungan dari DPL PLT, guru pembimbing, peserta didik dan rekan dari mahasiswa PLT.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | praktik mengajar, PLT, Bahasa Prancis, SMA Negeri 2 Klaten |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 20 Aug 2018 00:41 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |