LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

AISYAH DESILINA HANDAYANI, AISYAH DESILINA HANDAYANI (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU AISYAH DESILINA HANDAYANI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya, mata kuliah PLT dapat memberikan life skill bagi mahasiswa PLT, yaitu berupa pengalaman mengajar dalam dunia nyata,pengalaman pembelajaran yang kaya, dapat memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan ketrampilan,kekreatifan, kemandirian, tanggung jawab, serta kemampuan dalam memecahkan masalah yang dihadapi ketika PLT. Kegiatan PLT di sekolah bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan yang ada dalam lembaga pendidikan, baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun manajerial kelembagaan. Selain itu juga, kegiatan PLT ini dapat memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri serta meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dan pihak sekolah sendiri. Kegiatan PLT yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Klaten yang beramatkan di jalan Angsana, Trunuh, Klaten, juga merupakan salah satu kesempatan bagi mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan kependidikan dalam mengamalkan ilmu yang telah ia dapatkan didalam bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017 yang berlokasi di SMA N 2 Klaten yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 September 2017 sampai 15 November 2017. Kelompok PLT di lokasi ini terdiri dari 17 mahasiswa dari berbagai prodi yang berbeda - beda di Universitas Negeri Yogyakarta, yaitu Prodi PJKR, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikn Bahasa Prancis, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia ,Pendidikan Geografi dan Pendidikan Sosiologi. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini bertujuan untuk melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya serta dapat mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai banyak bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Dalam kesempatan PLT di SMA N 2 Klaten ini praktikan mendapat kesempatan mengajar bahasa Jerman di kelas XII IPS 3, XI IPS 3, XI IPA 7, dan X IPA 7, dimana Praktikan mengajar mandiri terbimbing pada kelas X IPA 7 dan mengajar team teaching pada kelas XII IPS 3, XI IPS 3 dan XI IPA 7 . Kegiatan PLT yang dilakukan praktikan dimulai tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017, dengan menggunakan beragam metode pembelajaran bahasa Jerman yang disesuai dengan kurikulum 2013 dan media pembelajaran bahasa Jerman. Evaluasi pembelajaran dilakukan dari mulai awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran. Dalam kegiatan praktik mengajar di sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing dan dosen pembimbing. Praktikan juga berperan dalam kegiatan sekolah lainnya seperti piket harian dan membantu kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh pihak sekolah. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMA N 2 Klaten, Bahasa Jerman.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Aug 2018 05:17
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58291

Actions (login required)

View Item View Item