Pengaruh Metode Eksplorasi dan Metode Eksperimen terhadap Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 3 Yogyakarta

Purwaningsih, Ika Yunita (2016) Pengaruh Metode Eksplorasi dan Metode Eksperimen terhadap Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 3 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Ika Yunita Purwaningsih .compressed.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh metode eksplorasi dan metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains, (2) mengetahui pengaruh metode eksplorasi dan metode eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis, (3) mengetahui pengaruh metode eksplorasi dan metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan quasi-experimental research dengan menggunakan equivalent group design untuk keterampilan proses sains, dan non-equivalent group design untuk kemampuan berpikir kritis. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta. Sampel penelitian yang ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, adalah kelas X IPA 2 sebanyak 30 peserta didik sebagai kelas eksplorasi, kelas X IPA 3 sebanyak 30 peserta didik sebagai kelas eksplorasi-eksperimen, serta kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 peserta didik. Data hasil keterampilan proses sains diperoleh dari hasil observasi performansi peserta didik, sedangkan data berpikir kritis diperoleh dari pretest dan posttest. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan soal pretest-posttest masing-masing sebanyak tujuh butir soal. Analisis butir soal baik validitas maupun reliabilitas dengan menggunakan QUEST. Hasilnya semua item valid karena suatu item dikatakan fit dengan model ketika berada pada batas kisaran INFIT MNSQ ≥0.77 sampai ≤1.30, sedangkan nilai reliabilitas pretest-posttest masing-masing adalah 0.45 dan 0.42. Hipotesis penelitian untuk keterampilan proses sains dianalisis dengan menggunakan ANOVA, kemampuan berpikir kritis dianalisis dengan menggunakan ANCOVA, dan analisis data untuk keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan (p< 0.05) antara penerapan metode eksplorasi dan metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains, (2) terdapat pengaruh yang signifikan (p< 0.05) antara penerapan metode eksplorasi dan metode eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode eksplorasi dan metode metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Terbukti dari analisis uji MANOVA diketahui nilai signifikansi untuk keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis adalah 0.000 dan 0.009 yang berarti kurang dari 0.05. Kata Kunci: metode eksplorasi, metode eksperimen, keterampilan proses sains, berpikir kritis.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Aug 2018 07:46
Last Modified: 09 May 2019 08:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58288

Actions (login required)

View Item View Item