Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu dan Kalor

Setyaningsih, Rhoma (2017) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMA pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. S2 thesis, UNY.

[img] Text
COVER-Halaman Pengesahan.swf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.swf

Download (555kB)
[img] Text
BAB II.swf

Download (736kB)
[img] Text
BAB III.swf

Download (632kB)
[img] Text
BAB IV.swf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.swf

Download (524kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.swf

Download (549kB)
[img] Text
LAMPIRAN TESIS _1-5_.swf

Download (921kB)
[img] Text
LAMPIRAN TESIS _6_.swf

Download (630kB)
[img] Text
LAMPIRAN TESIS _7_.swf

Download (19MB)
[img] Text
LAMPIRAN TESIS _8-9_.swf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN TESIS _10_.swf

Download (544kB)
[img] Text
LAMPIRAN TESIS _11_.swf

Download (926kB)
[img] Text
LAMPIRAN TESIS _12_.swf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN TESIS _13_.swf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN TESIS _14_.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan dan menghasilkan instrumen penilaian yang reliabel serta memenuhi syarat validitas baik untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah peserta didik SMA pada mata pelajaran fisika, (2) mengembangkan dan menghasilkan instrumen penilaian yang reliabel serta memenuhi syarat validitas baik untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik SMA pada mata pelajaran fisika, (3) mendiskripsikan hasil pengukuran tingkat penguasaan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan proses sains yang terukur dan tercapai pada peserta didik, dan (4) memperoleh hasil respon guru terhadap instrumen penilaian fisika dalam mengukur kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan proses sains. Jenis penelitian ini termasuk Research & Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Four-D Models). Prosedur penelitian meliputi: (1) define, (2) design, (3) develop, dan (4) disseminate. Tahapan define berisi studi pendahuluan, tahapan design meliputi penyusunan kisi-kisi instrumen, pedoman penilaian, dan butir soal. Subjek uji coba terbatas dan uji coba keterpakaian menggunakan empat SMA di Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, soal tes, angket, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan program QUEST dengan IRT/ Item Response Theory pemodelan Rasch Model Hasil penelitian berupa produk 36 item soal instrumen penilaian kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan proses sains mata pelajaran fisika dengan pokok bahasan suhu dan kalor yang sudah tervalidasi. Berdasarkan uji coba terbatas telah dihasilkan nilai reliabilitas untuk kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan proses sains yaitu sebesar 0,70 fit dan 0,72 fit terhadap Partial Credit Model perluasan Rasch Model model 1-PL berdasarkan data dikotomus dengan interpretasi nilai reliabilitas tinggi sehingga layak digunakan. Hasil pengukuran menunjukkan persentase rata-rata penguasaan aspek yaitu 83,30% sekolah kategori tinggi, 75,25% sekolah kategori sedang, 66,35% untuk sekolah kategori rendah. Hasil rerata berdasar angket respons keterpakain produk instrumen penilaian oleh guru fisika SMA di lapangan dinyatakan bahwa produk masuk kriteria sangat tinggi. Kata kunci: Instrumen Penilaian, Kemampuan Pemecahan Masalah, Keterampilan Proses Sains.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Aug 2018 02:23
Last Modified: 09 May 2019 08:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58275

Actions (login required)

View Item View Item