Peran Guru PKn dalam Menanamkan Karakter Kedisiplinan dan Kejujuran Siswa di SMA N 1 Srandakan Bantul

Ismanan, Rini (2017) Peran Guru PKn dalam Menanamkan Karakter Kedisiplinan dan Kejujuran Siswa di SMA N 1 Srandakan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rini-ismanan-15730251015.compressed.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peran guru PKn dalam penanaman karakter kedisiplinan kejujuran siswa di SMA N 1 Srandakan Bantul, dan (2) faktor penghambat dan pendukung dalam penanaman karakter kedisiplinan dan kejujuran siswa di SMA N 1 Srandakan Bantul. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PKn, dan peserta didik di SMA N 1 Srandakan. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara memperpanjang masa observasi, ketekunan pengamatan, melakukan analisis negatif, triangulasi,dan member checking. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode analisis data model interaktif yang dilakukan dalam tiga langkah yaitu pengumpulan data,reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan (1) peran guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam menanamkan karakter kejujuran dan kedisiplinan siswa di SMA N 1 Srandakan adalah sebagai teladan yaitu dengan memberikan contoh kepada peserta didik, sebagai motivator guru PKn memberikan semangat dan motivasi kepada peserta didik untuk menanamkan kedisiplinan dan kejujuran, sebagai korektor dengan menunjukkan benar atau salah dalam berperilaku kedisiplinan dan kejujuran, dan sebagai pembimbing dengan memberikan arahan kepada peserta didik (2) faktor hambatan yang dihadapi guru PKn dalam penanaman karakter kedisiplinan dan kejujuran adalah adanya peserta didik yang masih mengulang perilaku yang mencerminkan kurang kedisiplinan dan kejujuran, materi PKn yang cukup luas dan banyak sehingga sulit untuk membagi dan menanamkan nilai, adanya rasa kurang percaya diri pada diri peserta didik dan faktor pendukung dalam penanaman karakter pada peserta didik di sekolah yaitu pembiasaan dalam proses kegiatan belajar mengajar, budaya sekolah yang diciptakan SMA N 1 Srandakan, dan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kata Kunci : peran guru, pendidikan karakter, kedisiplinan, kejujuran

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Aug 2018 07:41
Last Modified: 09 May 2019 08:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58258

Actions (login required)

View Item View Item