Program Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Peserta Didik melalui Pendidikan Multikultural Sanggar Anak Alam Nitiprayan, Bantul, Yogyakarta

Purnomo, Panji (2017) Program Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Peserta Didik melalui Pendidikan Multikultural Sanggar Anak Alam Nitiprayan, Bantul, Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-panji-purnomo-15730251009.compressed.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program penanaman nilai-nilai toleransi peserta didik melalui pendidikan multikultural di Sanggar Anak Alam Nitiprayan, Bantul, Yogyakarta Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian dilakukan di Sanggar Anak Alam Bantul Yogyakarta. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling terdiri atas pendiri SALAM dan fasilitator. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif dari Miles & Huberman, diawali dengan pengumpulan data, mereduksi data, pengelompokkan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukkan adanya dua temuan penelitian yaitu: Pertama, penanaman nilai toleransi melalui pendidikan multikultural merupakan program yang terintegrasi dengan sekolah. Kedua, penanaman nilai toleransi yang dilakukan di dalam kelas melalui peristiwa dan kesepakatan kelas, berdoa secara serentak dengan lisan yang sama, dan kegiatan bercerita. Hambatan dalam penelitian ini diantaranya adalah: (1) potensi anak yang berbeda-beda, (2) pemikiran orang tua anak yang berbeda-beda, (3) indoktrinasi orang tua terhadap anak yang bertentangan dengan program penanaman nilai-nilai toleransi di SALAM, (4) peserta didik seringkali melanggar kesepakatan, (5) fasilitator masih latah mengajari bukan mengayomi, (6) anak pindahan dari sekolah formal sulit beradaptasi. Upaya untuk mengatasi hambatan yaitu: (1) fasilitator secara berulang memberikan pemahaman kepada anak, (2) fasilitator berbenah diri jika merasa belum dapat melaksanakan tugasnya secara optimal, (3) melalui forum orang tua, orang tua diajak berdialog terkait perkembangan anak mereka Kata Kunci: toleransi, pendidikan multikultural

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Aug 2018 07:20
Last Modified: 09 May 2019 08:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58244

Actions (login required)

View Item View Item