LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Ristiana Dwi Lestari, Ristiana Dwi Lestari (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14803241031_RISTIANA DWI LESTARI_Pendidikan Akuntansi.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan perguruan tinggi yang mempunyai tugas untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyrakat, serta membuna tenaga kependidikan. Salah satu usaha untuk memenuhi tugas tersebut adalah mengikuti mata kuliah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Sesuai dengan visi PLT UNY yaitu sebagai wahana pembentuk calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Sekolah yang menjadi tujuan PLT yaitu di SMK Negeri 1 Wonosari yang beralamat di Jalan Veteran, Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik pengalaman lapangan ini bertujuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di bangku perkuliahan kedalam kehidupan masyarakat, dalam hal ini masyarakat sekolah. Dengan program PLT ini diharapkan praktikan dapat menjadi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan profesional. Dalam pelaksanaan PLT, praktikan mengajar mata pelajaran Akuntansi Dasar di kelas X AK 3. Hal-hal lain yang dilakukan praktikan selain mengajar adalah, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan media pembelajaran, pembuatan modul dan pembuatan RPP. Metode yang digunakan dalam mengajar bervariasi, yaitu ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi kelompok, problem based learning, discovery learning, pengamatan dan presentasi. Hasil pelaksanaan PLT di SMK N 1 Wonosari mulai dari 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017 antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan (kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional) yang diperoleh selama kuliah di UNY dengan baik. Praktikan mendapat kesempatan 8 kali pertemuan di kelas X AK 3. Materi yang diajarkan yaitu kompetensi dasar menjelaskan struktur persamaan dasar akuntansi, elemen-elemen persamaan dasar akuntansi, pengaruh transaksi terhadap persamaan dasar akuntansi, pencatatan transaksi ke dalam persamaan dasar akuntansi, membuat laporan keuangan berdasarkan persamaan dasar akuntansi, pengertian transaksi keuangan, jenis-jenis transaksi keuangan, dan bukti transaksi keuangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing, SMK N 1 Wonosari
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Aug 2018 04:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58236

Actions (login required)

View Item View Item