Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Seni Musik dalam Membentuk Karakter Kepekaan Rasa, Kreatif dan Respek Peserta Didik di Tingkat Sekolah Menengah Pertama Di Kota Yogyakarta

Sutawi, Tyas Kartiko (2018) Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Seni Musik dalam Membentuk Karakter Kepekaan Rasa, Kreatif dan Respek Peserta Didik di Tingkat Sekolah Menengah Pertama Di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis_Tyas Kartiko Sutawi 15701251006.compressed.swf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran seni musik di sekolah dapat berperan penting sebagai sarana untuk membentuk karakter peserta didik, sehingga diperlukan sebuah evaluasi untuk melihat ketercapaian pelaksanaan pembelajaran seni musik dalam membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian aspek: (1) Antecedent (persiapan), (2) Transaction (pelaksanaan), dan (3) Outcome (karakter peserta didik) dalam pembelajaran seni musik. Penelitian ini menggunakan model Countenance Stake, yang terdiri dari aspek Antecedents, Transactions, dan Outcomes. Evaluasi dilakukan di Kota Yogyakarta, dengan memilih tiga sampel sekolah berdasarkan teknik random sampling, yaitu SMPN 1 Yogyakarta, SMPN 7 Yogyakarta, dan SMPN 14 Yogyakarta, dan peserta didik sebanyak 354 orang berdasarkan teknik proportional stratified random sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket, lembar observasi, pedoman wawancara, serta lembar telaah dokumen. Validasi seluruh instrumen pengumpulan data menggunakan validasi isi (expert’s judgement dengan menggunakan formula V Aiken) dan validasi konstruk (EFA dan CFA) pada angket. Melalui EFA, terbentuk 3 komponen karakter yakni kepekaan rasa, kreatif dan respek, yang kemudian dianalisis lebih lanjut menggunakan CFA. Hasil CFA menunjukkan bahwa kecocokan model dapat diterima dengan p-value sebesar 1>0,05 dan RMSEA sebesar 0,00<0,08. Reliabilitas dihitung dengan menggunakan formula Cronbach Alpha, Variance Reliability dan ICC. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif pada data angket, telaah dokumen dan observasi, dan kualitatif pada data wawancara. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Aspek Antecedent yang meliputi tujuan pembelajaran musik, kompetensi guru, persiapan pembelajaran musik, persiapan sarana pembelajaran, dan kompetensi awal (karakter) peserta didik termasuk ke dalam kriteria kurang baik, yakni ditemukan ketidaksesuaian antara penulisan tujuan program dengan persiapan perangkat pembelajaran, dengan pencapaian sebesar 60,12%. Aspek Transaction yang meliputi pelaksanaan pembelajaran musik, penilaian pembelajaran musik, dan relevansi pelaksanaan pembelajaran dengan RPP berada dalam kriteria sangat baik, yakni terdapat kesesuaian antara masing-masing indikator dengan standar yang ada, maupun kesesuaian antar indikator secara keseluruhan dengan pencapaian sebesar 82,96%. Aspek Outcome yang meliputi karakter kepekaan rasa, kreatif dan respek peserta didik dan manfaat pembelajaran musik termasuk ke dalam kriteria baik, yakni terdapat kesesuaian antara masing-masing indikator penelitian, baik itu setiap karakter yang diukur dengan standar, serta kesesuaian antara karakter dan manfaat yang diperoleh peserta didik secara keseluruhan, dengan ketercapaian sebesar 76,72%. Kata Kunci: evaluasi, pembelajaran, seni musik, karakter, peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Aug 2018 04:09
Last Modified: 09 May 2019 08:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58226

Actions (login required)

View Item View Item