Analisis Bahan Ajar Sastra Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII

Suparti, Suparti (2017) Analisis Bahan Ajar Sastra Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suparti-15715251042.compressed.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) aspek pengetahuan dalam bahan ajar sastra; (2) aspek keterampilan dalam bahan ajar sastra; dan (3) aspek sikap dalam bahan ajar sastra pada buku teks Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis analisis dokumen. Sumber data penelitian adalah buku teks Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Kurikulum 2013 revisi 2016. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik pembacaan dan pencatatan dengan menggunakan instrumen yang sudah divalidasi berupa panduan analisis dokumen. Data penelitian dianalisis menggunakan model Miles dan Hubermen yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar sastra aspek pengetahuan, bahan ajar sastra aspek keterampilan, dan bahan ajar sastra aspek sikap sudah terpenuhi dalam buku teks Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII dengan rincian (1) berdasarkan bahan ajar sastra aspek pengetahuan, pengetahuan konseptual lebih mendominasi daripada pengetahuan faktual dan prosedural, (2) berdasarkan bahan ajar sastra aspek keterampilan, keterampilan membaca paling sering diajarkan daripada keterampilan menyimak, berbicara, dan menulis, dan (3) berdasarkan bahan ajar sastra aspek sikap, sikap sosial lebih mendominasi daripada sikap spiritual. Nilai- nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam ketiga bahan ajar sastra tersebut adalah gemar membaca, kreatif, produktif, nasionalis, jujur, percaya diri, kerja sama, imajinatif, adil, menghargai prestasi, peduli, logis, kompetitif, berilmu, religius, rasa syukur, cinta Tuhan dan ciptaan-Nya, bersahabat, baik, suka menolong, sopan, tanggung jawab, ramah, rajin, peduli lingkungan, sadar, rasa syukur, rasa cinta, disiplin, mandiri, rendah hati, berhati-hati, sikap kebersamaan, sabar, kerja keras, berusaha yang terbaik, peduli sosial, inovatif, pemberani, dermawan, rajin menabung, tolong-menolong, cinta tanah air, kepeminpinan, ulet, kompetensi, dan menghargai kehidupan. Kata Kunci: bahan ajar sastra, buku teks, pendidikan karakter

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Aug 2018 03:07
Last Modified: 09 May 2019 08:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58211

Actions (login required)

View Item View Item