Pengembangan Buku Teks Pembelajaran Sastra Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Siswa Kelas VII SMP

Kartika, Renny Intan (2017) Pengembangan Buku Teks Pembelajaran Sastra Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Siswa Kelas VII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS LENGKAP.compressed.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu pertama, menghasilkan produk buku teks pembelajaran sastra dengan pendekatan kontekstual untuk kelas VII SMP; kedua, mendeskripsikan hasil validasi produk buku teks pembelajaran sastra dengan pendekatan kontekstual untuk kelas VII SMP oleh pakar sastra, pakar pembelajaran sastra, dan guru; dan ketiga, mendeskripsikan hasil respon siswa terhadap buku teks pembelajaran sastra dengan pendekatan kontekstual untuk kelas VII SMP oleh guru dan siswa. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Reasearch and Development) yang mengacu pada langkah-langkah pengembangan Borg and Gall meliputi: (1) analisis kebutuhan; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) validasi pakar dan validasi guru; (5) revisi I; (6) respon siswa; (7) revisi II; dan (8) produk akhir. Analisis kebutuhan dilakukan di SMP Negeri 1 Godean, SMP Negeri 1 Wonosari, SMP Negeri 1 Kasihan, SMP Negeri 1 Sentolo, dan SMP Negeri 5 Yogyakarta. Respon siswa dilakukan di SMP Negeri 5 Yogyakarta dengan subjek sebanyak 64 siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket untuk siswa, guru, dan pakar. Data dalam bentuk skala Likert dianalisis dengan cara kuantitatif dan kualitatif. Produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan empat aspek, yaitu aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa dan kegrafikan. Hasil penelitian berupa buku teks pembelajaran sastra berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa kelas VII SMP dengan kualitas “baik”. Hasil validitas pakar, guru, dan hasil respon siswa menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan termasuk dalam kategori “baik”. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata keempat aspek, yaitu rerata 3,95 dari hasil validasi pakar, 3,98 dari hasil validasi guru, dan 4,17 dari hasil respon siswa terhadap produk. Berdasarkan hasil tersebut, produk yang dikembangkan layak digunakan sebagai salah satu alternatif buku teks untuk pembelajaran sastra. Kata kunci: pengembangan, buku teks, sastra, pendekatan kontekstual

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Aug 2018 02:54
Last Modified: 09 May 2019 08:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58210

Actions (login required)

View Item View Item