Pengaruh Pengambilan Perspektif dan Regulasi Emosi terhadap Perilaku Prososial pada Anak Usia Dini.

Drupadi, Rizki (2017) Pengaruh Pengambilan Perspektif dan Regulasi Emosi terhadap Perilaku Prososial pada Anak Usia Dini. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rizky-drupadi-15717251047.compressed.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengambilan perspektif dan regulasi emosi terhadap perilaku prososial pada anak usia dini.Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi penelitian ini adalah 1017 anak Taman Kanak-kanak se Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sampel penelitian sebanyak 300 anak, dengan teknik pengambilan sampel stratified proportional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan angket, unjuk kerja, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda dengan bantuan SPSS Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengambilan perspektif berpengaruh signifikan terhadap perilaku prososial anak usia dini dengan p=0,000 (p<0,05) artinya pengambilan perspektif dapat memprediksikan perilaku prososial pada anak usia dini; (2) regulasi emosi berpengaruh terhadap perilaku prososial anak usia dini dengan p=0,000 (p<0,05), artinya regulasi emosi dapat memprediksikan perilaku prososial pada anak usia dini; (3) pengambilan perspektif dan regulasi emosi berpengaruh terhadap perilaku prososial dengan p=(p<0,05) artinya pengambilan perspektif dan regulasi emosi secara bersamasama dapat memprediksikan perilaku prososial pada anak usia dini. Pengambilan perspektif dan regulasi emosi memberikan sumbangan efektif sebesar 20,8% terhadap perilaku prososial Kata kunci: pengambilan perspektif, regulasi emosi, prososial, anak usia dini

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Aug 2018 07:35
Last Modified: 09 May 2019 08:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58180

Actions (login required)

View Item View Item