Pengembangan Media Permainan “Flooding Mockup” untuk Mengenalkan Sampah dan Banjir pada Anak Usia Dini

Safira, Ajeng Rizki (2017) Pengembangan Media Permainan “Flooding Mockup” untuk Mengenalkan Sampah dan Banjir pada Anak Usia Dini. S2 thesis, UNY.

[img] Text
merged.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui kelayakan media Flooding Mockup berdasarkan ahli dan praktisi, dan (2) mengetahui efektivitas media permainan Flooding Mockup untuk mengenalkan sampah dan banjir pada anak usia dini. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini ialah: (a) studi pendahuluan, (b) perencanaan, (c) mengembangkan bentuk awal produk, (d) uji lapangan awal, (e) revisi uji lapangan awal, (f) uji lapangan utama, (g) revisi uji lapangan utama, (h) uji operasional, (i) revisi produk ahir, dan (j) diseminasi. Subjek uji lapangan awal terdiri dari 15 anak RA Nashuha. Subjek lapangan utama pada kelas eksperimen terdiri dari 15 anak TK Darul Ulum dan 15 anak TK YWKA serta 15 anak TK YWKA lainnya sebagai kelompok kontrol . Subjek uji operasional pada kelompok eksperimen terdiri 20 anak kelompok B1 RA Al Hidayah dan 30 anak kelompok B1 TK Budi Luhur serta 21 anak kelompok B2 TK Budi Luhur sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar penilaian produk media permainan, lembar tanya jawab anak dan observasi untuk anak. Teknik analisi data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikan 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media permainan Flooding Mockup ditinjau dari aspek materi dan media yang dinilai oleh para ahli materi dan media ialah layak digunakan untuk mengenalkan "sampah dan banjir pada anak usia dini yang terbukti dari hasil validator media berkategori “sangat baik” dan validator materi berkategori “baik”, dan (2) permainan media Flooding Mockup efektif digunakan untuk anak usia 5-6 tahun yang dibuktikan dari hasil uji coba operasional dengan menggunakan SPSS yang menunjukan bahwa p lebih kecil dari 0.05 yaitu 0.000 ≤ sehingga dapat dinyatakan bahwa dapat meningkatkan secara signifikan terhadap kemampuan anak mengenal sampah dan banjir. Kata Kunci: media permainan Flooding Mockup, mengenal sampah dan banjir anak usia dini.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Aug 2018 07:25
Last Modified: 09 May 2019 08:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58178

Actions (login required)

View Item View Item