Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Masalah Berorientasi pada Prestasi Belajar, Higher Order Thinking Skills, dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP

Indiani, Venti (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Masalah Berorientasi pada Prestasi Belajar, Higher Order Thinking Skills, dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-venti-indiani-15709251057.compressed.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang terdiri dari RPP dan LKS dengan pendekatan saintifik berbasis masalah yang berorientasi pada prestasi belajar, higher order thinking skills (HOTS), dan kemandirian belajar matematika siswa SMP, yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang diterapkan adalah model Plomp yang terdiri dari tahap analisis, desain dan pengembangan prototipe, serta tahap evaluasi atau penilaian ahli. Subjek penelitian ini adalah 66 siswa yang berasal dari kelas VII B dan VII E serta dua guru matematika kelas VII di SMP Negeri 2 Mertoyudan. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh siswa dan guru, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes prestasi belajar, soal tes HOTS, dan angket kemandirian belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan memiliki karakteristik: (1) kegiatan pembelajaran menggunakan langkah pembelajaran pendekatan saintifik berbasis masalah yang terdiri dari mengamati masalah, menanya, mengidentifikasi masalah untuk mengumpulkan informasi, menyusun dan menerapkan strategi, menyajikan dan mengkomunikasikan solusi, menganalisis dan mengevaluasi proses penyelesaian masalah, dan menarik kesimpulan; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan berorientasi pada prestasi belajar, higher order thinking skills, dan kemandirian belajar matematika; dan (3) pembelajaran diawali dengan pemberian masalah nyata yang terjadi di lingkungan siswa. Perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas dengan kategori “sangat baik” pada RPP maupun LKS. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria kepraktisan dengan kategori “sangat baik” berdasarkan penilaian guru maupun penilaian siswa, dan rerata persentase keterlaksanaan pembelajaran lebih dari 85%. Perangkat pembelajaran juga memenuhi kriteria keefektifan berdasarkan hasil tes prestasi belajar, tes HOTS, dan angket kemandirian belajar matematika siswa. Hasil tes prestasi belajar menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar mencapai 80,30%. Hasil tes HOTS menunjukkan lebih dari 70% siswa mencapai kategori minimal tinggi. Sementara hasil angket kemandirian belajar matematika menunjukkan siswa yang mempunyai kemandirian belajar pada kategori minimal tinggi mencapai 87,87%. Kata Kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik berbasis masalah, prestasi belajar, higher order thinking skills, kemandirian belajar matematika

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Aug 2018 05:01
Last Modified: 09 May 2019 08:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58113

Actions (login required)

View Item View Item