Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Sistem Saraf Untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMAN 1 Kalasan Sleman

Dwimasani, Sufi (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Sistem Saraf Untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMAN 1 Kalasan Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS_SUFI DWIMASANI_15725251029.compressed.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash untuk pembelajaran materi sistem saraf, (2) Penggunaan media pembelajaran berbasis macromedia flash untuk meningkatkan minat belajar pada siswa kelas XI SMAN 1 Kalasan Sleman, (3) Penggunaan media pembelajaran berbasis macromedia flash untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa kelas XI SMAN 1 Kalasan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan tahapan 4D dari Thaigarajan dengan 4 langkah yaitu (1) Define, (2) Design, (3) Developmen, dan (4) Dissemination. Populasi uji coba penelitian merupakan seluruh siswa SMAN 1 Kalasan seleman dengan sampel penelitian berupa siswa kelas XII MIPA I yang berjumlah 18 orang sebagai kelas ujicoba produk, siswa kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 27 orang sebagai kelas perlakuan dan siswa kelas XI MIPA.4 yang berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol yang di ambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data meliputi instrumen lembar penilaian kelayakan produk. Data yang peroleh dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan Independent Two Sample T-test. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkankan bahwa: (1) Media pembelajaran macomedia flash layak digunakan pada pembelajaran materi sistem saraf, (2) Media pembelajaran macomedia flash dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI SMAN 1 Kalasan Sleman, (3) Media pembelajaran macromedia flash dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI SMAN 1 Kalasan Sleman. Kata Kunci: Macromedia flash, Minat belajar, Pemahama konsep.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Aug 2018 01:56
Last Modified: 09 May 2019 08:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58111

Actions (login required)

View Item View Item