Pengembangan Modul Pengelolaan Lingkungan Hidup Berbasis Kearifan Lokal Di Kawasan Sembalun Untuk Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Dan Kemampuan Berpikir Divergen Peserta Didik Kelas X Pada Materi Perubahan Lingkungan

Rohmatin, Rizki Hanifa (2017) Pengembangan Modul Pengelolaan Lingkungan Hidup Berbasis Kearifan Lokal Di Kawasan Sembalun Untuk Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Dan Kemampuan Berpikir Divergen Peserta Didik Kelas X Pada Materi Perubahan Lingkungan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Rizki Hanifa Rohmatin (15725251046).compressed.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan modul pengelolaan lingkungan hidup berbasis kearifan lokal di kawasan dataran tinggi Sembalun pada materi perbahan lingkungan. (2) keefektifan penerapan modul pengelolaan lingkungan hidup berbasis kearifan lokal di kawasan dataran tinggi Sembalun dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan. (3) keefektifan penerapan modul pengelolaan lingkungan hidup berbasis kearifan lokal di kawasan dataran tinggi Sembalun untuk meningkatkan kemampuan berpikir divergen. (4) apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir divergen dan sikap peduli lingkungan peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Brog & Gall. Pada penelitian ini hanya menggunakan tujuh tahapan yaitu 1) pengumpulan Informasi, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan produk awal 4) Pengujian lapangan terbatas, 5) Revisi produk pada pengujian terbata, 6) Pengujian lapangan diperluas dan 7) Revisi pengujian lapangan diperluas. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X M.A Nurul Huda Sembalun & SMA N 1 Sembalun tahun pelajaran 2016/1017. Data dikumpulkan melalui angket kelayakan modul, angket siap peduli lingkungan, soal kemampuan berpikir divergen. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-tes, anacova dan korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Modul ini di tinjau dari aspek keakuratan materi, penyajian materi, kebahasaan, kurikulum dan susunan, serta kegrafikan menurut ahli materi dan pembelajaran berkategori “sangat baik”. (2) Modul ini efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir divergen dengan taraf signifikansi (p<0,009) dan (3) modul ini tidak efektif digunakan untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan dengan signifikansi (p<0,126). (4) terdapat hubungan yang positif (0,265) antara kemampuan berpikir divergen dengan sikap peduli lingkungan namun tidak signifikan (0,05<0,099). Kata Kunci: Modul pengelolaan lingkungan hidup, kearifan lokal di kawasan dataran tinggi sembalun, sikap peduli lingkungan, kemampuan berpikir divergen

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Aug 2018 08:50
Last Modified: 09 May 2019 08:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58110

Actions (login required)

View Item View Item