Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Materi Ekosistem Air Tawar Berbasis Android dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik SMA

Sidiq, Ahmad (2017) Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Materi Ekosistem Air Tawar Berbasis Android dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis -ahmad-sidiq-15725251032.compressed.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kualitas kelayakan modul pembelajaran biologi pada aspek materi dan media, (2) keefektifan modul pembelajaran biologi berbasis android dengan model Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir analisis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Design And Development Research yang dikembangkan oleh Richey and Klein pada tahap validasi melalui 4 tahapan model yakni: (1) tahapan pengembangan model, (2) validasi internal model, (3) validasi eksternal model, dan (4) penggunaan model. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA N 2 Klaten dan SMA N 1 Jogonalan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – Mei 2017. Pada uji coba terbatas melibatkan 15 orang peserta didik kelas XI, sementara pada uji coba lapangan melibatkan 140 orang peserta didik kelas X yang masing - masing 70 orang untuk kelas kontrol dan eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian kelayakan produk dan tes kemampuan berpikir analisis. Teknik analisis data menggunakan uji Independent sampel t-test pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) modul pembelajaran biologi materi ekosistem air tawar berbasis android dengan model Problem Based Learning layak digunakan dalam pembelajaran biologi. Hal ini ditinjau dari aspek materi dan media yang menunjukkan bahwa produk dalam kategori “sangat baik”, penilaian guru biologi dan teman sejawat terhadap modul android berkategori “sangat baik”, (2) penerapan modul pembelajaran biologi materi ekosistem air tawar berbasis android dengan model Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir analisis peserta didik SMA dengan nilai signifikansi (p) 0,000 < 0,05. Kata kunci: modul pembelajaran, android, model pembelajaran Problem Based Learning, berpikir analisis.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Aug 2018 08:00
Last Modified: 09 May 2019 08:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58106

Actions (login required)

View Item View Item