Pengembangan E-Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Minat Belajar Siswa SMA Kelas X pada Sub Materi Reproduksi Tumbuhan

Perdana, Chairin (2017) Pengembangan E-Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Minat Belajar Siswa SMA Kelas X pada Sub Materi Reproduksi Tumbuhan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-chairin-perdana-15725251025.compressed.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kelayakan produk e-modul pembelajaran biologi berbasis macromedia flash sub materi reproduksi tumbuhan ditinjau pada aspek media dan materi; (2) Mengetahui keefektifan e-modul pembelajaran biologi sub materi reproduksi tumbuhan berbasis macromedia flash terhadap peningkatan penguasaan konsep; (3) Mengetahui keefektifan e-modul pembelajaran biologi sub materi reproduksi tumbuhan berbasis macromedia flash terhadap peningkatan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu tahap analysis, design, development, implementation, and evaluation. Subjek uji coba terbatas adalah 15 siswa kelas XI MIA 1 SMA N 1 Kalasan. Subjek uji coba lapangan adalah 54 siswa kelas X SMA N 1 Kalasan dan 63 siswa kelas X SMA N 1 Prambanan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Kuesioner digunakan untuk menilai kelayakan produk yang dikembangkan dari aspek materi dan media serta untuk mengetahui minat belajar siswa. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa pada sub materi reproduksi tumbuhan sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk pengembangan e-modul pembelajaran biologi berbasis macromedia flash sub materi reproduksi tumbuhan ditinjau dari aspek media dan materi menurut ahli media dan penilaian guru biologi dengan kategori “sangat layak”, sedangkan menurut ahli materi, penilaian teman sejawat, penilaian siswa dengan kategori “layak”; (2) e-modul pembelajaran biologi yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dengan melihat nilai peningkatan pada kelas perlakuan sebesar 90,47% dan 48% pada kelas kontrol di SMA N 1 Kalasan, sedangkan di SMA N 1 Prambanan sebesar 87,50% pada kelas perlakuan dan 64,28% pada kelas kontrol dan hasil uji t signifikan dengan nilai <0,05; dan (3) e-modul pembelajaran biologi yang dihasilkan yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa, berdasarkan nilai peningkatan sebesar 37,36% pada kelas perlakuan dan 33,70% pada kelas kontrol di SMA N 1 Kalasan, sedangkan di SMA N 1 Prambanan pada kelas perlakuan sebesar 42,18% dan 29,96% pada kelas kontrol. Kata Kunci: E-Modul, Macromedia Flash, Penguasaan Konsep, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Aug 2018 07:45
Last Modified: 09 May 2019 08:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58103

Actions (login required)

View Item View Item