LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK NEGERI 1 JOGONALAN

TAUFIK ANWAR SHOLIKIN, TAUFIK ANWAR SHOLIKIN (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK NEGERI 1 JOGONALAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14520244004_Taufik Anwar_FT_PTI_SMKN 1 Jogonalan.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap Mahasiswa program kependidikan. Tujuan dilaksakannya kegiatan ini adalah memberikan pengalaman kepada Mahasiswa dalam bidang pembelajaran, manajerial dan teknik mengajar di sekolah atau lembaga lain dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Program PLT ini berusaha memberdayakan masyarakat sekolah secara maksimal sesuai dengan kemampuan. PLT dimulai tanggal 15 September 2017 sampai 15 November 2017 yang bertempat di SMK Negeri 1 Jogonalan. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) telah dilaksanakan praktikan di SMK Negeri 1 Jogonalan selama kurang lebih 2 bulan, terhitung mulai 15 September 2017 sampai dengan 15 November 2017. Selama praktik mengajar, praktikan diberi tanggung jawab untuk mengajar kelas X TKJ 1, X TKJ 2, XII MM, XII TKJ 1, XII PM 1, XII AP 1 dan XII AP 2. Praktikan mengampu mata pelajaran Produktif TKJ dengan pokok materi komputer dan jaringan dasar untuk kelas X dan mata pelajaran KKPI dengan pokok materi jaringan komputer untuk kelas XII. Praktikan juga melakukan kegiatan lain yang mendukung kegiatan mengajar, yakni menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), analisa hasil evaluasi siswa dan menyiapkan media pembelajaran. Selain kegiatan mengajar, praktikan juga melakukan kegiatan non-mengajar, yaitu diskusi kelompok PLT, pembuatan tabel/grafik pengunjung perpustakaan, inventarisasi dan pelabelan buku perpustakaan, dan pembuatan pohon karir. Secara umum, pelaksanaan kegiatan PLT di SMK Negeri 1 Jogonalan berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya ada beberapa hambatan, antara lain : pengelolaan kelas, pengelolaan waktu, dan ketersediaan sarana dan prasarana. Akan tetapi praktikan selalu berusaha untuk menekan hambatan yang terjadi, sehingga kegiatan PLT dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Dengan adanya kegiatan PLT, praktikan mendapat bekal, pengetahuan, pengalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan-kegiatan dalam dunia kependidikan. Adanya kerjasama, kedisiplinan, tenaga, dana, dan waktu sangat mendukung terlaksananya kegiatan PLT di SMK N 1 Jogonalan yang berakhir dengan baik dan lancar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa PPL, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 03 Aug 2018 03:38
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58094

Actions (login required)

View Item View Item