Pengaruh Manajemen Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Materi dan Kualitas Layanan Bimbingan Klasikal di SMP Negeri 4 Wates

Dwiartanta, Agus Sutik (2017) Pengaruh Manajemen Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Materi dan Kualitas Layanan Bimbingan Klasikal di SMP Negeri 4 Wates. S2 thesis, UNY.

[img] Text
2. ABSTRAK.swf

Download (524kB)
[img] Text
BAB I. PENDAHULUAN.swf

Download (538kB)
[img] Text
BAB II. KAJIAN PUSTAKA.swf

Download (698kB)
[img] Text
BAB III. METODE PENELITIAN.swf

Download (571kB)
[img] Text
BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.swf

Download (680kB)
[img] Text
BAB V. KESIMPULAN, IMPLIKAS,I DAN SARAN.swf

Download (523kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.swf

Download (559kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan pendekatan ekspositori terhadap : (1) kemampuan pemahaman materi layanan bimbingan klasikal bagi peserta didik dan (2) kualitas layanan bimbingan klasikal. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan variabel bebas pendekatan CTL dan ekspositori dan variabel terikat yang meliputi (1) kemampuan pemahaman materi layanan bimbingan klasikal dan (2) kualitas layanan bimbingan klasikal. Pengambilan data untuk kemampuan pemahaman materi layanan bimbingan klasikal dilakukan dengan menggunakan tes dan kualitas layanan bimbingan klasikal dengan rating scale dari Likert. Validitas instrumen dilakukan dengan Item and Test Analysis. Data dianalisis dengan menggunakan t-test dan uji Mann Whitney. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Wates Kabupaten Kulon Progo dan sebagai sampel adalah kelas VII-D dan VII-E. Desain eksperimen yang digunakan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah Randomized Control-Group Pretest-Postest Design. Perlakuan eksperimen menerapkan pendekatan CTL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan CTL dan ekspositori terhadap kemampuan pemahaman materi layanan bimbingan klasikal, dengan t = 2.069, pada  = 0.05; (2) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan CTL dan ekspositori terhadap kualitas layanan bimbingan klasikal, dengan Uji-Mann Whitney, p-value = 0.000 pada  = 0.05. Dari hasil perhitungan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan kemampuan pemahaman materi layanan bimbingan klasikal dan kualitas layanan bimbingan klasikal kelas VII di SMP Negeri 4 Wates. Kata Kunci : CTL, ekspositori, pemahaman materi dan kualitas layanan bimbingan klasikal

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Aug 2018 03:02
Last Modified: 09 May 2019 08:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58047

Actions (login required)

View Item View Item