Pengembangan Instrumen Evaluasi Model CIPP Pada Penerapan Penilaian Kinerja Keterampilan Manipulatif IPA

Purnaningtyas, Rulita (2017) Pengembangan Instrumen Evaluasi Model CIPP Pada Penerapan Penilaian Kinerja Keterampilan Manipulatif IPA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik instrumen evaluasi penerapan penilaian kinerja, (2) mendeskripsikan hasil evaluasi penerapan penilaian kinerja, (3) menghasilkan rekomendasi kebijakan penerapan penilaian kinerja manipulative berdasarkan hasil evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) model Borg & Gall yang dimodifikasi dengan model pengembangan instrumen nontes. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Tempel dan SMPN 14 Yogyakarta. Desain ujicoba meliputi ujicoba terbatas dan ujicoba lapangan operasional. Subjek ujicoba terbatas terdiri dari 1 guru IPA dan 10 peserta didik kelas VII SMPN 1 Tempel. Subjek ujicoba lapangan operasional terdiri dari 2 guru IPA dan 50 peserta didik kelas VII. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, instrumen evaluasi model CIPP yang terdiri dari lembar observasi dan kuesioner, instrumen penilaian kinerja, dan angket kepraktisan produk. Validitas instrumen evaluasi dianalisis dengan formula V Aiken. Reliabilitas instrumen evaluasi dianalisis dengan teknik ICC (Interclass Correlation Coefficient), sedangkan kepraktisan produk dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian ini, antara lain: (1) instrumen evaluasi model CIPP termasuk dalam kategori valid berdasarkan penilaian experts judgement dengan koefisien V Aiken 0,88-1 dan reliabilitas lembar observasi sebesar 0,931 dan kuesioner sebesar 0,843, serta nilai kepraktisan dari responden sebesar 2,41, dan (2) hasil evaluasi di SMPN 1 Tempel dan SMPN 14 Yogyakarta termasuk kategori baik, (3) rekomendasi kebijakan penerapan penilaian kinerja berupa rekomendasi untuk melanjutkan menggunakan instrumen penilaian kinerja keterampilan manipulatif. Kata kunci: evaluasi, model CIPP, penilaian kinerja, keterampilan manipulatif.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Aug 2018 01:48
Last Modified: 09 May 2019 08:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58039

Actions (login required)

View Item View Item