Pengaruh Metode Latihan dan Power Otot Lengan Terhadap Peningkatan Prestasi Dayung Kayak Peserta Ekstrakurikuler Dayung SMK Negeri 1 Temon

Huda, Aminachrul Nurul (2017) Pengaruh Metode Latihan dan Power Otot Lengan Terhadap Peningkatan Prestasi Dayung Kayak Peserta Ekstrakurikuler Dayung SMK Negeri 1 Temon. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aminachrul nurul huda-15711251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pengaruh antara metode latihan interval dan metode latihan kontinu terhadap peningkatan prestasi dayung kayak siswa SMK Negeri 1 Temon, (2) untuk mengetahui pengaruh antara power otot lengan tinggi dan power otot lengan rendah terhadap peningkatan prestasi dayung kayak siswa SMK Negeri 1 Temon, dan (3) untuk mengetahui interaksi antara metode latihan dan power otot lengan terhadap peningkatan prestasi dayung kayak siswa SMK Negeri 1 Temon. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa peserta ekstrakurikuler dayung SMK Negeri 1 Temon di Kabupaten Kulon Progo, yang diambil dengan teknik random dari jumlah populasi 38 siswa. Instrumen untuk mengukur power otot lengan adalah vertical arm pull test, sedangkan instrumen untuk mengukur prestasi dayung kayak adalah tes dayung 200 meter. Teknik analisis data yang digunakan adalah anova dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan metode latihan interval dan metode latihan kontinu terhadap peningkatan prestasi dayung kayak siswa SMK Negeri 1 Temon, yang terbukti dari nilai F = 93,738 dan nilai p = 0,000 < 0,05. Metode latihan interval lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan metode latihan kontinu dengan selisih rata-rata posttest sebesar - 1,619 detik, (2) ada perbedaan pengaruh yang signifikan siswa yang mempunyai power otot lengan tinggi dan power otot lengan rendah terhadap peningkatan prestasi dayung kayak siswa SMK Negeri 1 Temon, yang terbukti dari nilai F = 7,404 dan nilai p = 0,015 < 0,05. Siswa yang mempunyai power otot lengan tinggi lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan siswa yang mempunyai power otot lengan rendah dengan selisih nilai rata-rata sebesar - 0,455 detik, (3) ada interaksi yang signifikan antara metode latihan (interval dan kontinu) dan power otot lengan (tinggi dan rendah) terhadap peningkatan prestasi dayung kayak siswa SMK Negeri 1 Temon, yang terbukti dari nilai F = 185,092 dan nilai p = 0,000 < 0,05. Kata Kunci: metode, interval, kontinu, power, prestasi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Aug 2018 00:57
Last Modified: 11 Jan 2022 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58034

Actions (login required)

View Item View Item