Purnomo, Purnomo (2013) Analisis Supply and Demand Guru SMK di Malang Raya. S3 thesis, UNY.
Text
disertasi-purnomo-07702261022.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) demand guru SMK program keahlian teknik mesin dan teknik otomotif, (2) supply guru SMK program keahlian teknik mesin dan teknik otomotif, dan (3) untuk memperoleh informasi ada tidaknya kesenjangan supply and demand guru SMK program keahlian teknik mesin dan teknik otomotif. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif-komparatif. Populasi penelitian adalah SMKN di Malang Raya. Sampel penelitian adalah empat SMKN di Malang Raya (SMKN 1 Singosari, SMKN 6 Malang, SMKN 11 Malang, dan SMKN 12 Malang). Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus perhitungan permintaan guru produktif di SMK dan chi kuadrat dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya SMKN 1 Singosari yang kelebihan guru bidang produktif keahlian teknik mesin dan teknik otomotif, sedangkan ke 3 SMKN yang lain yang menjadi sampel penelitian terjadi kekurangan guru bidang produktif keahlian teknik mesin dan teknik otomotif. Hasil analisis chi kuadrat di SMKN 1 Singosari menunjukkan bahwa kelebihannya tidak signifikan. Kekurangan yang signifikan terjadi di SMKN 6 dan SMKN 12 Malang pada keahlian teknik otomotif. Dalam hal supply guru SMK yang dihasilkan Program Studi Pendidikan Teknik Mesin dan Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Mesin FT UM, produktivitasnya masih sangat rendah. Namun demikian, kesenjangan antara supply and demand guru SMK program keahlian teknik mesin dan teknik otomotif di Malang Raya dapat diatasi oleh Jurusan Teknik Mesin, FT UM. Selain itu hasil analisis supply and demand guru SMK juga menunjukkan bahwa faktor-faktor untuk menghitung demand guru SMK adalah: (1) pengurangan guru (pensiun, sakit, meninggal, dan promosi); (2) guru yang ada; (3) jam wajib mengajar guru; (4) struktur kurikulum dan jumlah jam/minggu mata diklat; dan (5) enrollment siswa. Sedangkan faktor-faktor supply guru SMK adalah: (1) lulusan; (2) produktivitas; (3) struktur kurikulum; (4) dosen yang ada; dan (5) enrollment mahasiswa.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | supply and demand, guru SMK |
Subjects: | Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 01 Aug 2018 02:42 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 02:24 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58023 |
Actions (login required)
View Item |